Evaluasi usability dan user experience aplikasi pendukung pengelolaan sampah kemasan bekas pakai rumah tangga

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Yogatama, Kevin Jovian
dc.date.accessioned 2023-03-06T02:09:42Z
dc.date.available 2023-03-06T02:09:42Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42566
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14543
dc.description 6045 - FTI en_US
dc.description.abstract Jumlah sampah di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Aplikasi X merupakan aplikasi dalam upaya untuk mengurangi jumlah sampah dengan layanan berupa mengelola kembali sampah kemasan bekas pakai. Review pada playstore menunjukkan keluhan terkait penggunaan aplikasi dan letak fitur yang membingungkan. Keluhan tersebut juga muncul berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap lima pengguna dan lima calon pengguna aplikasi. Aplikasi X merupakan aplikasi baru yang belum pernah dilakukan evaluasi sehingga masih terdapat ruang untuk perbaikan. Usability dan user experience merupakan aspek penting dalam sebuah aplikasi agar pengguna puas dan terus menggunakan aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan sebuah evaluasi untuk mengetahui permasalahan terkait usability maupun user experience ketika menggunakan aplikasi. Hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai dasar untuk dilakukannya perbaikan. Untuk mengevaluasi usability dan user experience dari aplikasi X, digunakan 5 kriteria usability yaitu effectiveness, efficiency, usefulness, learnability, dan satisfaction serta 2 kriteria user experience yaitu pragmatis dan hedonis. Effectiveness dan efficiency diukur menggunakan task completion. Usefulness, learnability, satisfaction diukur menggunakan USE Questionnaire. Pragmatis dan hedonis diukur menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Pengujian dilakukan terhadap 12 calon pengguna yang belum pernah menggunakan aplikasi X. Hasil evaluasi terhadap aplikasi saat ini mendapatkan nilai effectiveness 68%, efficiency 57%, usefulness 5,01, learnability 3,54, satisfaction 3,98, pragmatis 0,1, dan hedonis 0,5. Didapatkan juga 22 usabilty problem yang terdapat pada aplikasi, mayoritas terkait letak fitur yang sulit ditemukan. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, dibuatlah rancangan usulan dalam bentuk high-fidelity prototype. Rancangan usulan dilakukan perbandingan hasil evaluasi dengan menggunakan metode yang sama. Berdasarkan hasil evaluasi, menunjukan bahwa rancangan usulan mendapatkan nilai yang lebih baik dengan nilai effectiveness 95,2%, efficiency 89,8%, usefulness 6,04, learnability 6,37, satisfaction 6,15, pragmatis 1,75, dan hedonis 1,94. berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa rancangan usulan memiliki usability dan user experience yang baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Usability en_US
dc.subject User Experience en_US
dc.subject Aplikasi en_US
dc.subject Pengelolaan Sampah Kemasan, en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.title Evaluasi usability dan user experience aplikasi pendukung pengelolaan sampah kemasan bekas pakai rumah tangga en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801163
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411107801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account