Abstract:
Jumlah sampah di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Aplikasi X
merupakan aplikasi dalam upaya untuk mengurangi jumlah sampah dengan layanan
berupa mengelola kembali sampah kemasan bekas pakai. Review pada playstore
menunjukkan keluhan terkait penggunaan aplikasi dan letak fitur yang membingungkan.
Keluhan tersebut juga muncul berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap lima
pengguna dan lima calon pengguna aplikasi. Aplikasi X merupakan aplikasi baru yang
belum pernah dilakukan evaluasi sehingga masih terdapat ruang untuk perbaikan. Usability
dan user experience merupakan aspek penting dalam sebuah aplikasi agar pengguna
puas dan terus menggunakan aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan sebuah
evaluasi untuk mengetahui permasalahan terkait usability maupun user experience ketika
menggunakan aplikasi. Hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai dasar untuk dilakukannya
perbaikan.
Untuk mengevaluasi usability dan user experience dari aplikasi X, digunakan 5
kriteria usability yaitu effectiveness, efficiency, usefulness, learnability, dan satisfaction
serta 2 kriteria user experience yaitu pragmatis dan hedonis. Effectiveness dan efficiency
diukur menggunakan task completion. Usefulness, learnability, satisfaction diukur
menggunakan USE Questionnaire. Pragmatis dan hedonis diukur menggunakan User
Experience Questionnaire (UEQ). Pengujian dilakukan terhadap 12 calon pengguna yang
belum pernah menggunakan aplikasi X. Hasil evaluasi terhadap aplikasi saat ini
mendapatkan nilai effectiveness 68%, efficiency 57%, usefulness 5,01, learnability 3,54,
satisfaction 3,98, pragmatis 0,1, dan hedonis 0,5. Didapatkan juga 22 usabilty problem
yang terdapat pada aplikasi, mayoritas terkait letak fitur yang sulit ditemukan. Berdasarkan
permasalahan yang ditemukan, dibuatlah rancangan usulan dalam bentuk high-fidelity
prototype.
Rancangan usulan dilakukan perbandingan hasil evaluasi dengan menggunakan
metode yang sama. Berdasarkan hasil evaluasi, menunjukan bahwa rancangan usulan
mendapatkan nilai yang lebih baik dengan nilai effectiveness 95,2%, efficiency 89,8%,
usefulness 6,04, learnability 6,37, satisfaction 6,15, pragmatis 1,75, dan hedonis 1,94.
berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa rancangan usulan memiliki usability
dan user experience yang baik.