Perancangan aplikasi persuasif yang membantu pengelolaan bahan makanan untuk mengurangi sampah makanan dalam sektor rumah tangga

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.author Natalia, Indrawaty
dc.date.accessioned 2023-02-23T06:44:05Z
dc.date.available 2023-02-23T06:44:05Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42548
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14493
dc.description 6027 - FTI en_US
dc.description.abstract Sampah makanan merupakan salah satu penyumbang sampah terbanyak di Indonesia. Pada tahun 2020, total sampah sisa makanan yang diproduksi di Indonesia sebesar 40,23% atau mencapai sekitar 40 juta ton. Salah satu penyebab terjadinya sampah makanan adalah pengelolaan bahan makanan yang kurang baik. Oleh karena itu, diperlukan perancangan aplikasi persuasif yang membantu pengelolaan bahan makanan untuk mengurangi sampah makanan dalam sektor rumah tangga. Dalam penelitian ini, dilakukan identifikasi kebutuhan menggunakan metode wawancara dan didapatkan 9 kelompok kebutuhan utama pengguna yang teridentifikasi. Selain itu rancangan aplikasi menerapkan persuasive technology dengan pendekatan computer as tools, yaitu membuat kegiatan menjadi mudah dan efisien untuk dilakukan. Selanjutnya dilakukan design workshop untuk menghasilkan tiga alternatif konsep. Masingmasing alternatif konsep tersebut dinilai menggunakan metode scoring. Konsep terpilih kemudian dilakukan penyempurnaan dengan metode SCAMPER. Kemudian hasil penyempurnaan tersebut dibuat menjadi high fidelity prototype dengan nama aplikasi yaitu Good Food. Prototype tersebut dilakukan evaluasi dengan usability testing dan persuasiveness testing kepada 7 orang responden. Usability testing dilakukan dengan menggunakan task completion dan kuesioner System Usability Scale (SUS), sedangkan persuasiveness testing menggunakan Perceived Persuasiveness Questionnaire (PPQ). Rata-rata nilai usability testing kriteria efektivitas sebesar 91,25% dan kriteria efisiensi sebesar 78,75%, sedangkan kriteria usability keseluruhan diukur menggunakan skor SUS dengan nilai rata-rata sebesar 79,69 dan termasuk kategori Good. Nilai tersebut sudah mencapai nilai batas minimum sebesar 68. Rata-rata nilai PPQ kriteria effectiveness sebesar 5,833, kriteria quality sebesar 5,542, dan kriteria capability sebesar 5,917. Nilai tersebut sudah mencapai nilai batas minimum sebesar 4,9. Hasil evaluasi tersebut kemudian dijadikan pertimbangan dalam merancang usulan perbaikan, salah en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan aplikasi persuasif yang membantu pengelolaan bahan makanan untuk mengurangi sampah makanan dalam sektor rumah tangga en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801045
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411107801
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account