Perancangan usulan solusi untuk mengatasi kecanduan smartphone pada anak menggunakan pendekatan design thinking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Patricia, Gina Bella
dc.date.accessioned 2023-02-23T02:49:33Z
dc.date.available 2023-02-23T02:49:33Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42542
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14486
dc.description 6021 - FTI en_US
dc.description.abstract Zaman modern ini, manusia mulai menggunakan smartphone yang membawa dampak bagi manusia. Selain dampak positif yang didapat, smartphone juga memberikan dampak negatif yaitu kecanduan. Kecanduan ini memicu penyakit psikologis yaitu No-Mobile Phone Phobia (Nomophobia). Penyakit ini lebih mudah menyerang anak-anak karena pembatasan penggunaan smartphone pada anak masih sulit. Hal ini didukung juga dengan wawancara awal kepada 5 anak yang menggunakan smartphone selama 2-3 jam untuk bermain dan hiburan. Padahal seharusnya anak menggunakan smartphone maksimal 2 jam per harinya untuk hiburan dan bermain. Oleh karena itu, dibuat penelitian untuk menyusun usulan dan melakukan evaluasi solusi untuk mengatasi kecanduan smartphone pada anak menggunakan pendekatan Design Thinking. User yang terlibat pada penelitian ini adalah anak, orang tua, dan guru sebanyak 8 orang. Tahap awal dilakukan uji Nomophobia terlebih dahulu kepada 8 responden anak dan didapati hasil 1 anak mengalami Nomophobia ringan, 5 anak Nomophobia sedang, dan sisanya Nomophobia berat. Kemudian melakukan 6 tahapan Design Thinking yaitu menggali kebutuhan user, mendefinisikan masalah, melakukan observasi lanjutan, melakukan ideasi dengan mengumpulkan ide dan memilih ide bersama dengan pihak dan para ahli, membuat prototype solusi, dan melakukan testing prototype. Terdapat tiga solusi yang dihasilkan yaitu adanya jadwal harian berisi kegiatan anak, aturan jelas dengan kesepakatan antara orang tua dan anak yang harus dipenuhi oleh anak, serta panduan yang harus diikuti oleh orang tua sebagai role model bagi anak. Ketiga solusi ini dibuat menjadi tiga jenis prototype diantaranya poster, kurikulum, dan aplikasi yang kemudian dievaluasi dengan menjelaskan cara kerja dan fungsi prototype. Hasil evaluasi yang dilakukan kepada user menunjukan prototype sudah baik dan efektif dalam mengatasi kecanduan pada anak, namun masih perlu tambahan fitur dan perubahan tampilan. Sehingga perbaikan hasil evaluasi berupa penambahan fitur dan juga perbaikan tampilan sesuai dengan masukan dari user. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan usulan solusi untuk mengatasi kecanduan smartphone pada anak menggunakan pendekatan design thinking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801034
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account