Upaya perbaikan Baby Shop X (BSX) berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli ulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Cerelia, Maria
dc.date.accessioned 2023-02-22T02:37:25Z
dc.date.available 2023-02-22T02:37:25Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42538
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14477
dc.description Loice, Romy en_US
dc.description.abstract BSX merupakan toko yang menjual perlengkapan bayi, anak dan ibu hamil yang terletak di Kota Purwokerto dan telah berdiri sejak tahun 2003. Total omset yang didapatkan BSX sejak tahun 2009 sampai 2021 cenderung mengalami penurunan. Pemilik telah lama menyadari bahwa terdapat penurunan total omset di BSX. Namun, pemilik tidak mengetahui secara pasti penyebab dari penurunan omset tersebut. Salah satu penyebab penurunan omset adalah meningkatnya pesaing toko perlengkapan bayi di kota Purwokerto sehingga kemungkinan besar pelanggan beralih dari BSX ke baby shop lain. Pelanggan diduga tidak memiliki niat beli kembali ke BSX karena keinginan pelanggan tidak terpenuhi sehingga pelanggan merasa tidak puas ketika berbelanja di BSX. Oleh karena itu, perlu dilakukan peneilitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli ulang toko perlengkapan bayi agar dapat membantu BSX meningkatkan pendapatan. Model penelitian yang digunakan didapatkan dari hasil identifikasi masalah dan studi literatur yang mengkaji pengaruh dari harga, kelengkapan produk, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap niat beli ulang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online dan offline yang ditujukan kepada orang yang pernah mengunjungi toko perlengkapan bayi. Jumlah data yang digunakan untuk pengolahan data yaitu 132 data. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil pengujian model penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kelengkapan produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang pelanggan BSX. Sedangkan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang. Penentuan prioritas perbaikan dilakukan dengan menggunakan Importance Performance-Matrix-Analysis (IPMA). Prioritas utama perbaikan dilakukan untuk kualitas pelayanan dan prioritas berikutnya adalah kelengkapan produk dan harga. Terdapat 19 usulan perbaikan yang diberikan dan dari 19 usulan tersebut sebanyak 18 usulan disetujui oleh pemilik dan 1 usulan yang dipertimbangkan oleh pemilik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Upaya perbaikan Baby Shop X (BSX) berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli ulang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801016
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account