Usulan perbaikan di Toko Bunga XYZ berdasarkan mode minat beli ulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Kristanti, Levi
dc.date.accessioned 2023-02-20T06:14:20Z
dc.date.available 2023-02-20T06:14:20Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42527
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14466
dc.description 6006 - FTI en_US
dc.description.abstract Semenjak COVID-19 memasuki Indonesia, ada salah satu bidang yang sangat terkena dampak COVID-19, yaitu adalah bidang ekonomi. Kemudian dari bidang ekonomi tersebut terdapat salah satu sektor juga yang terkena dampak COVID-19, yaitu sektor jasa dimana menurut World Trade Organization, salah satu klasifikasi sektor jasa adalah bisnis jasa. Toko Bunga XYZ merupakan salah satu bisnis jasa di Palembang, Sumatera Selatan yang menyediakan berbagai jenis rangkaian bunga. Namun, seiringnya berjalannya waktu dan munculnya COVID-19, usaha toko bunga ini tidak bisa mencapai target penjualannya. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukannya upaya untuk meningkatkan minat beli ulang agar Toko Bunga XYZ dapat bersaing dengan pesaing toko bunga lainnya. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan dari studi terdahulu dan berdasarkan identifikasi masalah yang memperoleh 8 hipotesis yang melibatkan 5 variabel. Terdapat 4 variabel yang diduga mempunyai pengaruh terhadap minat beli ulang, yaitu harga, kualitas layanan, kepuasan konsumen, dan WOM. Kemudian dilakukan pembuatan kuesioner dan penyebaran kuesioner untuk responden yang pernah membeli bunga di toko bunga di Palembang dan diperoleh data sebanyak 143 buah. Pengolahan data tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan melakukan evaluasi model pengukuran dan evaluasi model struktural. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, harga dan kualitas layanan mempunyai pengaruh yang secara signifikan terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen dan WOM sebagai variabel mediasi. Selanjutnya dari hasil pengolahan tersebut dihasilkan 16 usulan guna meningkatkan minat beli ulang di Toko Bunga XYZ dari 2 variabel yang ada, yaitu harga dan kualitas layanan. Berdasarkan keenam belas usulan tersebut, dikelompokkan menjadi 10 kategori yang meliputi memberikan pelatihan, membuat objek fisik, membuat prosedur, membuat route, mencari informasi terkait produk dan harga pesaing, mencari inspirasi melalui konten media sosia, mencari vendor, menghitung stok, menginformasikan progress pembuatan rangkaian bunga, dan permintaan feedback kepada pembeli. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan di Toko Bunga XYZ berdasarkan mode minat beli ulang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610188
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account