Perancangan bauran pemasaran Kedai Kopi Kulo berdasarkan pendekatan Segmentation-Targeting-Positioning

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Choirunissa, Febriana
dc.date.accessioned 2023-02-20T04:35:46Z
dc.date.available 2023-02-20T04:35:46Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42526
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14465
dc.description 6005 - FTI en_US
dc.description.abstract Kedai Kopi Kulo merupakan salah satu perusahaan penyaji minuman kopi yang menginisiasi konsep coffee-to-go di pasar Indonesia. Kedai Kopi Kulo memfokuskan pemasaran melalui media sosial dan juga platform e-commerce. Berdasarkan hasil survei Top Brand Index Kedai Kopi Kulo menempati posisi ketiga pada tahun 2020 dan 2021. Hal ini diduga karena pemasaran secara digital yang dilakukan oleh Kedai Kopi Kulo masih belum maksimal sehingga perlu dilakukan penentuan segmentasi, target pasar, dan posisi relatif Kedai Kopi Kulo agar dapat mempertahankan posisi sebagai salah satu kedai kopi yang menjadi titik perubahan coffee-to-go. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berisi pertanyaan dengan variabel yang sudah ditentukan untuk mengetahui karakteristik konsumen. Hasil kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan metode K-Means Clustering yang menghasilkan 3 segmen. Kemudian dilakukan targeting dengan memilih segmen yang paling sesuai yaitu segmen 1. Untuk penentuan positioning dilakukan dengan menggunakan metode Correspondence Analysis yang menghasilkan perceptual map. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan didapat usulan untuk menambah variasi menu selain minuman dengan berkolaborasi dengan perusahaan dalam grup yang sama, menambah media yang digunakan untuk pemasaran produk, dan melakukan pengitiman PR package kepada influencers. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan bauran pemasaran Kedai Kopi Kulo berdasarkan pendekatan Segmentation-Targeting-Positioning en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610187
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account