Usulan peningkatan minat beli di Toko X dengan menggunakan metode regresi linear berganda

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitompul, Carles
dc.contributor.author Santoso, Stella Aprilia
dc.date.accessioned 2023-02-17T07:28:34Z
dc.date.available 2023-02-17T07:28:34Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42520
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14459
dc.description 5999 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko X merupakan sebuah usaha pakaian pada salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung yang menjual pakaian pria dan wanita. Selama empat tahun terakhir, toko X terus mengalami penurunan omset penjualan. Pihak toko menduga bahwa penurunan omset penjualan tersebut disebabkan oleh minat beli konsumen yang rendah karena terdapat toko-toko pesaing yang menjual pakaian di pusat perbelanjaan yang sama maupun di pusat perbelanjaan sekitarnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen terhadap toko X. Dalam penelitian ini dikembangkan model minat beli konsumen untuk toko X berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap pengunjung toko X dan juga studi literatur. Pada model penelitian ini, terdapat enam buah variabel yang teridentifikasi, yaitu harga, produk, lokasi, kualitas pelayanan, suasana toko, dan promosi sehingga terdapat enam hipotesis dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan survei berupa kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung toko X selama sekitar dua minggu. Berdasarkan penyebaran kuesioner yang dilakukan, terkumpul sebanyak 128 data yang selanjutnya diolah dengan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh tiga buah variabel yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen toko X dari total enam variabel yang teridentifikasi, yaitu harga, produk, dan promosi. Usulan perbaikan dilakukan terhadap butir pengukuran pada variabel yang bepengaruh dan memiliki tingkat performansi yang rendah. Hasilnya, diperoleh total enam buah usulan perbaikan untuk ketiga buah variabel meliputi pengurangan harga penjualan untuk meningkatkan minat beli, penambahan model produk baru yang sesuai trend saat ini, memperhatikan model produk yang dijual oleh toko pesaing, penambahan variasi warna produk, penambahan informasi untuk promosi toko, dan pembuatan ulang pamflet yang lebih menarik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan minat beli di Toko X dengan menggunakan metode regresi linear berganda en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610158
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409037701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account