Abstract:
Toko X merupakan sebuah usaha pakaian pada salah satu pusat perbelanjaan
di Kota Bandung yang menjual pakaian pria dan wanita. Selama empat tahun terakhir,
toko X terus mengalami penurunan omset penjualan. Pihak toko menduga bahwa
penurunan omset penjualan tersebut disebabkan oleh minat beli konsumen yang rendah
karena terdapat toko-toko pesaing yang menjual pakaian di pusat perbelanjaan yang
sama maupun di pusat perbelanjaan sekitarnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan
penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli
konsumen terhadap toko X.
Dalam penelitian ini dikembangkan model minat beli konsumen untuk toko X
berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap pengunjung toko X dan juga studi
literatur. Pada model penelitian ini, terdapat enam buah variabel yang teridentifikasi, yaitu
harga, produk, lokasi, kualitas pelayanan, suasana toko, dan promosi sehingga terdapat
enam hipotesis dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan
dengan survei berupa kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung toko X selama
sekitar dua minggu. Berdasarkan penyebaran kuesioner yang dilakukan, terkumpul
sebanyak 128 data yang selanjutnya diolah dengan metode analisis regresi linear
berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh tiga buah variabel
yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen toko X dari total enam variabel yang
teridentifikasi, yaitu harga, produk, dan promosi. Usulan perbaikan dilakukan terhadap
butir pengukuran pada variabel yang bepengaruh dan memiliki tingkat performansi yang
rendah. Hasilnya, diperoleh total enam buah usulan perbaikan untuk ketiga buah variabel
meliputi pengurangan harga penjualan untuk meningkatkan minat beli, penambahan
model produk baru yang sesuai trend saat ini, memperhatikan model produk yang dijual
oleh toko pesaing, penambahan variasi warna produk, penambahan informasi untuk
promosi toko, dan pembuatan ulang pamflet yang lebih menarik.