Usulan strategi pemasaran Bengkel Crom Motor menggunakan Analisis Choice Based Conjoint

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Ajeng, Marcelline
dc.date.accessioned 2023-02-17T06:30:08Z
dc.date.available 2023-02-17T06:30:08Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42518
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14457
dc.description 5997 - FTI en_US
dc.description.abstract Peningkatan jumlah kendaraan bermotor menyebabkan peluang usaha di bidang penjualan suku cadang semakin berkembang. Kompetitor baru yang membuka bengkel di sekitar bengkel Crom Motor kini mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan bengkel Crom Motor melakukan perbaikan di dalam strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan kompetitor dan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan wawancara terhadap pemilik Bengkel Crom Motor belum memiliki strategi pemasaran yang jelas. Agar dapat dikenal oleh masyarakat luas bengkel Crom Motor perlu merancang strategi pemasaran yang melihat pemasaran dari sudut pandang pelanggan. Maka dari itu metode strategi pemasaran 7C (customer needs and wants, cost to the customer, convenience, communication, competence, comfort, and coordination) dipilih untuk penelitian ini. Analisis 7C menggunakan choice based conjoint (CBC) dipilih untuk dapat melihat preferensi pelanggan yang akan dipilih di marketplace. Atribut level didapatkan dari wawancara terhadap pelanggan dan mendapatkan 21 atribut level dan di tinjau kembali dengan syarat yang communicable dan actionable. Perancangan kuesioner menggunakan sawtooth software dengan jumlah choice task sebanyak 11 dan fixed task sebanyak 1 choice task. Penyebaran kuesioner mendapatkan total 185 responden menggunakan metode purposive sampling. Setelah mendapatkan data responden pengolahan data dilakukan dengan metode hirachical bayes estimation/ HB agar mampu mengalisis hasil sampai tingkat individu. Analisis menggunakan hierarchical bayes untuk strategi pemasaran 7C bengkel Crom Motor sesuai dengan preferensi pelanggan bengkel Crom Motor adalah keaslian barang, cashback gopay, ovo dan shopee pay, toko offline, promosi menggunakan media sosial, jujur, menyediakan kursi tunggu dan proses pelayanan cepat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject choice based conjoint en_US
dc.subject 7C en_US
dc.subject strategi pemasaran en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran Bengkel Crom Motor menggunakan Analisis Choice Based Conjoint en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610135
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account