Usulan pemilihan supplier pada Arc Sand dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP)

Show simple item record

dc.contributor.author Joseph
dc.date.accessioned 2023-02-16T06:35:47Z
dc.date.available 2023-02-16T06:35:47Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42514
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14453
dc.description 5993 - FTI en_US
dc.description.abstract E-commerce adalah salah satu model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu dapat melakukan jual beli menggunakan media online. Arc Sand adalah salah satu brand yang menjual produk dekorasi interior rumah atau home décor dengan menggunakan model bisnis e-commerce. Arc Sand sudah berdiri sejak tahun 2020 dan saat ini menggunakan platform online website (arcsand.com) sebagai media jual beli. Saat ini Arc Sand bekerja sama dengan supplier A, namun pemilik Arc Sand berencana mengganti supplier A dengan supplier lain karena terjadi peningkatan harga serta penurunan kualitas pada produk yang ditawarkan supplier A. Dalam melakukan pemilihan supplier dari beberapa alternatif supplier digunakan metode yaitu Analytic Network Process (ANP). Metode ini mengidentifikasi kriteria dan subkriteria beserta dengan hubungan yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak pengambil keputusan, dapat diketahui terdapat empat kriteria dan sepuluh subkriteria beserta dengan hubungan inner dependence dan outer dependence antara kriteria dan subkriteria yang ada. Berdasarkan identifikasi kriteria dan subkriteria dilakukan pembuatan model ANP dan pengisian kuesioner oleh pihak pengambil keputusan. Hasil kuesioner kemudian digunakan untuk pengolahan data. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa alternatif supplier D memiliki prioritas tertinggi sebagai alternatif supplier terpilih dengan nilai bobot sebesar 0,3950, diikuti oleh supplier C dengan nilai bobot sebesar 0,3636, dan terakhir supplier B dengan nilai bobot sebesar 0,2414. Supplier D memiliki kelebihan pada beberapa subkriteria dengan prioritas pertimbangan yang tinggi dalam menentukan pemilihan supplier seperti subkriteria harga per produk dan jenis packaging. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan pemilihan supplier pada Arc Sand dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610111
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409037701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account