Abstract:
E-commerce adalah salah satu model bisnis yang memungkinkan perusahaan
atau individu dapat melakukan jual beli menggunakan media online. Arc Sand adalah salah
satu brand yang menjual produk dekorasi interior rumah atau home décor dengan
menggunakan model bisnis e-commerce. Arc Sand sudah berdiri sejak tahun 2020 dan
saat ini menggunakan platform online website (arcsand.com) sebagai media jual beli. Saat
ini Arc Sand bekerja sama dengan supplier A, namun pemilik Arc Sand berencana
mengganti supplier A dengan supplier lain karena terjadi peningkatan harga serta
penurunan kualitas pada produk yang ditawarkan supplier A.
Dalam melakukan pemilihan supplier dari beberapa alternatif supplier digunakan
metode yaitu Analytic Network Process (ANP). Metode ini mengidentifikasi kriteria dan
subkriteria beserta dengan hubungan yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan
pihak pengambil keputusan, dapat diketahui terdapat empat kriteria dan sepuluh
subkriteria beserta dengan hubungan inner dependence dan outer dependence antara
kriteria dan subkriteria yang ada. Berdasarkan identifikasi kriteria dan subkriteria dilakukan
pembuatan model ANP dan pengisian kuesioner oleh pihak pengambil keputusan. Hasil
kuesioner kemudian digunakan untuk pengolahan data.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa alternatif supplier D
memiliki prioritas tertinggi sebagai alternatif supplier terpilih dengan nilai bobot sebesar
0,3950, diikuti oleh supplier C dengan nilai bobot sebesar 0,3636, dan terakhir supplier B
dengan nilai bobot sebesar 0,2414. Supplier D memiliki kelebihan pada beberapa
subkriteria dengan prioritas pertimbangan yang tinggi dalam menentukan pemilihan
supplier seperti subkriteria harga per produk dan jenis packaging.