Usulan strategi pemasaran Kedai Kopi MHTM Coffee berdasarkan analisis Segmentation, Targeting, Positioning (STP)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Praktikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Cemerlang, Andreas Yudhasakti
dc.date.accessioned 2023-02-15T02:37:27Z
dc.date.available 2023-02-15T02:37:27Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42509
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14445
dc.description 5988 - FTI en_US
dc.description.abstract Menanti Hari Temu (MHTM) Coffee merupakan kedai kopi yang berlokasi di dalam perumahan daerah Jatiwarna, Pondok Gede yang membuatnya menjadi salah satu “hidden gem”. MHTM Coffee mulai dibuka untuk umum dari bulan Januari 2021 yang menyajikan berbagai olahan makanan dan minuman. Berdasarkan data penjualan MHTM Coffee, terjadi penurunan penjualan yang disebabkan oleh dua faktor. Faktor pertama penurunan penjualan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang membatasi jumlah konsumen dan jam operasional kedai kopi. Faktor kedua penurunan penjualan disebabkan oleh belum adanya strategi pemasaran yang terstruktur untuk kepentingan bisnis. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner secara acak kepada responden yang sudah pernah datang ke MHTM Coffee untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk memilih kedai kopi didapat 135 responden. Selanjutnya dilakukan clustering dengan metode K-Means untuk memilih jumlah cluster yang terpilih didapat jumlah 3 cluster merupakan cluster terpilih. Berdasarkan cluster terpilih dibuat targeting dengan analisis SWOT didapat target pasar MHTM Coffee yaitu cluster 2. Berdasarkan hasil kuesioner dibuat positioning dengan metode correspondence analysis terhadap pesaing MHTM Coffee. Usulan dibuat untuk meningkatkan penjualan MHTM Coffee dengan bauran pemasaran didapat 8 usulan yang sebelumnya sudah diterima oleh manajemen MHTM Coffee. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran Kedai Kopi MHTM Coffee berdasarkan analisis Segmentation, Targeting, Positioning (STP) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610073
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account