Usulan perbaikan untuk Toko Dg-Shop berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat membeli produk elektronik secara daring

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Dennis
dc.date.accessioned 2023-02-14T08:42:26Z
dc.date.available 2023-02-14T08:42:26Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42505
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14441
dc.description 5984 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko DG-SHOP merupakan toko elektronik daring yang menjual berbagai jenis barang elektronik mulai dari smartphone dengan tipe terbaru, smartwatch, dan juga smart TV. Sebelumnya, toko DG-SHOP telah mulai berjualan sejak tahun 1998 dan memiliki toko offline di ITC Roxy Mas Jakarta. Namun dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda usaha DG-SHOP, pemilik toko memutuskan untuk mulai berjualan sepenuhnya secara daring. Dengan adanya perubahan yang cukup mendadak pada cara berjualan DG-SHOP yang menjadi daring, terjadi penurunan pada omset toko yang menyebabkan DG-SHOP tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan. Sehingga perlu dilakukan tindak lanjut agar DG-SHOP dapat mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap penurunan penjualan dan dapat melakukan perbaikan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Pada penelitian ini digunakan pengujian untuk mencari faktor yang berpengaruh dari minat beli konsumen terhadap produk elektronik. Pengujian akan dilakukan pada faktor harga, promosi, kualitas produk, kepercayaan, E-WoM, dan kemudahan penggunaan terhadap minat beli. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang menghasilkan sebanyak 192 responden. Hasil data dari kuesioner ini kemudian diolah menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Model). Berdasarkan pengujian model struktural, didapatkan bahwa variabel promosi, kualitas produk, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan berpengaruh secara positif terhadap minat beli. Dari rata-rata nilai indikator, hasil observasi, dan hasil wawancara dengan responden dan pemilik toko, direkomendasikan 5 usulan perbaikan. Usulan tersebut adalah mempelajari SEO (Search Engine Optimization), menyediakan budget iklan, menganalisa produk yang sedang tren di marketplace, menuliskan deskripsi produk secara detail, dan membuat sosial media untuk DG-SHOP di Instagram dan menaruh tautan milik toko pada bio instagram. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan untuk Toko Dg-Shop berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat membeli produk elektronik secara daring en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610063
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account