Abstract:
Toko DG-SHOP merupakan toko elektronik daring yang menjual berbagai jenis
barang elektronik mulai dari smartphone dengan tipe terbaru, smartwatch, dan juga smart
TV. Sebelumnya, toko DG-SHOP telah mulai berjualan sejak tahun 1998 dan memiliki toko
offline di ITC Roxy Mas Jakarta. Namun dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda
usaha DG-SHOP, pemilik toko memutuskan untuk mulai berjualan sepenuhnya secara
daring. Dengan adanya perubahan yang cukup mendadak pada cara berjualan DG-SHOP
yang menjadi daring, terjadi penurunan pada omset toko yang menyebabkan DG-SHOP
tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan. Sehingga perlu dilakukan tindak lanjut
agar DG-SHOP dapat mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap penurunan penjualan
dan dapat melakukan perbaikan untuk meningkatkan minat beli konsumen.
Pada penelitian ini digunakan pengujian untuk mencari faktor yang berpengaruh
dari minat beli konsumen terhadap produk elektronik. Pengujian akan dilakukan pada
faktor harga, promosi, kualitas produk, kepercayaan, E-WoM, dan kemudahan
penggunaan terhadap minat beli. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang
menghasilkan sebanyak 192 responden. Hasil data dari kuesioner ini kemudian diolah
menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Model).
Berdasarkan pengujian model struktural, didapatkan bahwa variabel promosi,
kualitas produk, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan berpengaruh secara positif
terhadap minat beli. Dari rata-rata nilai indikator, hasil observasi, dan hasil wawancara
dengan responden dan pemilik toko, direkomendasikan 5 usulan perbaikan. Usulan
tersebut adalah mempelajari SEO (Search Engine Optimization), menyediakan budget
iklan, menganalisa produk yang sedang tren di marketplace, menuliskan deskripsi produk
secara detail, dan membuat sosial media untuk DG-SHOP di Instagram dan menaruh
tautan milik toko pada bio instagram.