Usulan e-marketing mix menggunakan 4P+P2C2S3 pada PAFFU.ID

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Glenata, Ilyasa’ Denish
dc.date.accessioned 2023-02-14T03:58:53Z
dc.date.available 2023-02-14T03:58:53Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42504
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14440
dc.description 5983 - FTI en_US
dc.description.abstract Paffu.id merupakan sebuah usaha mikro yang menjajakan produk puff pastry berisi krim dingin melalui platform digital seperti sosial media dan e-commerce. Paffu.id diketahui masih belum mencapai target penjualannya yang diduga karena masih kurang maksimalnya usaha pemasaran yang dilakukan oleh Paffu.id. Perlu dilakukan perbaikan mengenai sistem pemasaran dari Paffu.id dengan terlebih dahulu menetapkan segmentasi pasar, target pasar, dan posisi usaha Paffu.id di pasar. Pembentukan metode pemasaran yang tepat perlu dilakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner untuk mengetahui karakteristik calon pelanggan. Berdasarkan hasil kuesioner, dapat dilakukan clustering dengan menggunakan metode K-Means Clustering dan didapatkan jumlah cluster terbaik berdasarkan nilai SSE adalah sejumlah tiga buah cluster. Hasil dari pembagian cluster ini dipilihlah cluster 2 sebagai target pasar yang memiliki karakteristik mementingkan cukup mementingkan aspek opsi pengiriman dan ongkos kirim produk yang merupakan kelemahan dari Paffu.id berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan. Penentuan posisi pasar Paffu.id dilakukan dengan membuat spiderweb sehingga ditemukan aspek yang perlu diperbaiki oleh Paffu.id sesuai dengan keinginan Paffu.id dan ancaman pesaing. Berdasarkan hasil segmenting, targeting, dan positioning yang dilakukan dapat dibuat usulan perbaikan metode pemasaran menggunakan bauran pemasaran digital atau e-marketing mix 4P + P2C2S3 yang merupakan product, price, place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, security, site, sales promotion. Penelitian ini menghasilkan 11 usulan pemasaran dari aspek-aspek emarkertig mix yang juga sudah disetujui oleh pemilik Paffu.id. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan e-marketing mix menggunakan 4P+P2C2S3 pada PAFFU.ID en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610062
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account