Abstract:
Paffu.id merupakan sebuah usaha mikro yang menjajakan produk puff pastry berisi krim
dingin melalui platform digital seperti sosial media dan e-commerce. Paffu.id diketahui
masih belum mencapai target penjualannya yang diduga karena masih kurang
maksimalnya usaha pemasaran yang dilakukan oleh Paffu.id. Perlu dilakukan perbaikan
mengenai sistem pemasaran dari Paffu.id dengan terlebih dahulu menetapkan segmentasi
pasar, target pasar, dan posisi usaha Paffu.id di pasar. Pembentukan metode pemasaran
yang tepat perlu dilakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner untuk
mengetahui karakteristik calon pelanggan. Berdasarkan hasil kuesioner, dapat dilakukan
clustering dengan menggunakan metode K-Means Clustering dan didapatkan jumlah
cluster terbaik berdasarkan nilai SSE adalah sejumlah tiga buah cluster. Hasil dari
pembagian cluster ini dipilihlah cluster 2 sebagai target pasar yang memiliki karakteristik
mementingkan cukup mementingkan aspek opsi pengiriman dan ongkos kirim produk yang
merupakan kelemahan dari Paffu.id berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan.
Penentuan posisi pasar Paffu.id dilakukan dengan membuat spiderweb sehingga
ditemukan aspek yang perlu diperbaiki oleh Paffu.id sesuai dengan keinginan Paffu.id dan
ancaman pesaing. Berdasarkan hasil segmenting, targeting, dan positioning yang
dilakukan dapat dibuat usulan perbaikan metode pemasaran menggunakan bauran
pemasaran digital atau e-marketing mix 4P + P2C2S3 yang merupakan product, price,
place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, security, site,
sales promotion. Penelitian ini menghasilkan 11 usulan pemasaran dari aspek-aspek emarkertig
mix yang juga sudah disetujui oleh pemilik Paffu.id.