Abstract:
Pandemi COVID-19 yang membatasi berbagai aktivitas membuat sebagian
masyarakat menghabiskan waktu di rumah seperti bekerja dan belajar secara virtual. Sama
halnya dengan kegiatan belajar di Universitas Katolik Parahyangan saat ini dilakukan
secara virtual menggunakan aplikasi video conference. Aplikasi video conference menjadi
pilihan utama untuk menggantikan kegiatan belajar tatap muka yang memungkinkan
mahasiswa dan dosen untuk mengadakan pertemuan tanpa harus berada di lokasi yang
sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fitur atau aspek dalam aplikasi
video conference yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar dan memberikan
rekomendasi berdasarkan pada sentimen dari ulasan aplikasi tersebut. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan aspect-based sentiment analysis terhadap empat aplikasi
video conference yaitu Google Meet, Zoom, Skype, dan Microsoft Teams. Terdapat
sebelas aspek dari aplikasi video conference yang diidentifikasi dari proses wawancara
dengan mahasiswa dan dosen. Sebelas aspek tersebut terdiri dari kualitas video, kualitas
audio, chatting, recording, raise hand, background, whiteboard, share screen, breakout
room, kapasitas peserta, dan user-friendly.
Aspect-based sentiment analysis dilakukan dalam beberapa tahap yang terdiri
dari text preprocessing, ekstraksi aspek, dan penentuan sentimen atau opini. Pada tahap
text preprocessing, dilakukan untuk membersihkan data teks ulasan dari berbagai elemen
yang tidak diperlukan agar dapat dilakukan analisis. Pada tahap ekstraksi aspek, akan
dicari sebelas aspek yang teridentifikasi dalam data ulasan. Kemudian pada tahap
penentuan sentimen, akan ditentukan sentimen dari aspek dengan menggunakan Vader
(Valance Aware Dictionary for Sentiment Reasoning). Sentimen terhadap aspek akan
terdiri dari tiga kategori yaitu sentimen positif, negatif, dan netral. Berdasarkan pada hasil
penelitian dan pengolahan data, aplikasi Google Meet, Zoom, dan Microsoft Teams
memiliki sentimen yang baik untuk kesebelas aspek dan dapat direkomendasikan untuk
menunjang kegiatan belajar.