Evaluasi pengendalian internal untuk meningkatkan efektivitas pada siklus penjualan : studi kasus pada Devata Suite and Residence

Show simple item record

dc.contributor.advisor Purboyo, Arthur
dc.contributor.advisor Susilo, Agustinus
dc.contributor.author Elsaudy, Gabriela Elfrida
dc.date.accessioned 2023-02-02T02:49:03Z
dc.date.available 2023-02-02T02:49:03Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp43315
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14338
dc.description 24916 - FE en_US
dc.description.abstract Pada era globalisasi sekarang ini, perkembangan bisnis usaha meningkat secara pesat sehingga persaingan pun makin ketat. Tiap perusahaan harus dapat bertahan dalam persaingan ini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki manajemen yang baik. Pengendalian internal sangat penting dalam membantu perusahaan dalam mengelola aktivitas dan mencegah risiko yang tidak diinginkan. Siklus penjualan sangat penting bagi perusahaan karena dapat menentukan keberlanjutan perusahaan. Siklus penjualan merupakan siklus penting yang menunjang kegiatan operasi perusahaan. Penelitian ini dijabarkan berdasarkan teori pengendalian internal menggunakan COSO’s Enterprise Risk Management (ERM) Framework yang di dalamnya terdapat delapan komponen, yaitu internal environment, objective setting, event identification, risk assessment, risk response, control activities, information and communication, dan monitoring. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan di Devata Suite and Residence yang merupakan perusahaan industri perhotelan yang berada di Jl. Dewi Sri IV Gang Cendana No. 67, Bali. Berdasarkan hasil penelitian, Devata Suite and Residence memiliki pengendalian internal yang dilakukan oleh perusahaan pada siklus penjualan sudah baik dan memadai, namun terdapat beberapa kekurangan pada kebijakan dan prosedur di siklus penjualan. Jika kekurangan tersebut dapat diperbaiki dan dilakukan oleh perusahaan, maka efektivitas pada siklus penjualan perusahaan akan meningkat. Peneliti juga menyarankan perusahaan untuk melakukan perbaikan pada deskripsi pekerjaan dan struktur organisasi perusahaan, serta menambahkan beberapa penggunaan dokumen pada siklus penjualan. Untuk penelitian selanjutnya peneliti mengharapkan adanya penelitian selanjutnya yang melakukan analisis pengendalian internal pada siklus lain yang belum dibahas pada penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Pengendalian internal en_US
dc.subject COSO Enterprise Risk Management en_US
dc.subject siklus penjualan en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.subject hotel en_US
dc.title Evaluasi pengendalian internal untuk meningkatkan efektivitas pada siklus penjualan : studi kasus pada Devata Suite and Residence en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016130183
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425015801
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407088404
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account