Studi analisis dan desain struktur atas Navigable Aqueduct

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tjong, Lidya Fransisca
dc.contributor.advisor Nugroho, Wivia Octarena
dc.contributor.author Harvianto, Eldo
dc.date.accessioned 2023-01-30T03:25:00Z
dc.date.available 2023-01-30T03:25:00Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42609
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14300
dc.description 6702 - FTS en_US
dc.description.abstract Navigable aqueduct merupakan salah satu jenis infrastruktur yang mengizinkan pelayaran diatas akueduk (jembatan air), sehingga kapal barang dan penumpang dapat berlayar tanpa hambatan melewati bukit, lembah, atau bahkan diatas sungai lainnya. Berbagai negara di Eropa membangun navigable aqueduct guna mengoptimasi transportasi logistik di daerah tertentu. Di Belgia, misalnya, terdapat navigable aqueduct terbuat dari beton prategang, dan juga di Jerman yang menggunakan baja sebagai struktur atas dan beton bertulang sebagai struktur bawah jembatan air. Setelah dibuka, navigable aqueduct yang berada di Jerman berhasil meningkatkan lalu lintas air dan menciptakan tempat wisata baru di kota jembatan air berada. Berbagai keuntungan navigable aqueduct yang sudah disebutkan membuat infrastruktur ini memiliki potensi untuk berkembang di Indonesia, terlebih di Pulau Kalimantan. Meskipun demikian, penelitian tentang navigable aqueduct di Indonesia masih sangat terbatas. Tugas akhir ini membahas perencanaan dan analisis struktur atas suatu navigable aqueduct yang direncanakan berada di Samarinda, Kalimantan Timur. Struktur atas navigable aqueduct direncanakan menggunakan pelat baja dengan berbagai ketebalan, dimana masing-masing memiliki kuat leleh 355 MPa. Analisis pada tugas akhir ini dilakukan menggunakan Metode Elemen Hingga dikarenakan pembebanan yang tidak seragam. Menggunakan perangkat lunak berbasis Metode Elemen Hingga, diperoleh nilai tegangan von Mises (tegangan efektif) maksimum sebesar 279,22. Tegangan yang bernilai paling besar berada di daerah tumpuan dan di tengah bentang. Adapun dilakukan perhitungan momen plastis di tumpuan dan di lapangan, dimana masing-masing lebih besar dari gaya momen ultimit maksimum, Mu sebesar 1,51×106 kN m. Tegangan tekuk elastis pelat dihitung bernilai 276,6 MPa, lebih besar dari tegangan tekan terbesar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject jembatan en_US
dc.subject navigable aqueduct en_US
dc.subject baja en_US
dc.subject Metode Elemen Hingga en_US
dc.title Studi analisis dan desain struktur atas Navigable Aqueduct en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6101801009
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411036501
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410109202
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account