Abstract:
Meningkatnya jumlah populasi manusia terutama di kota-kota besar yang masyarakatnya memiliki
mobilitas tinggi menyebabkan peningkatan kebutuhan infrastruktur transportasi. Galian dalam
merupakan salah satu pekerjaan geoteknik dalam pengerjaan infrastruktur transportasi seperti
pelabuhan dan pusat transportasi terintegrasi yang banyak dilakukan pada area reklamasi sehingga
memiliki kondisi tanah under-consolidating. Tujuan dari penelitian ini adalah memodelkan galian
dalam dengan contiguous pile walls pada dua kondisi tanah yaitu normally-consolidating dan underconsolidating
dan memprediksi besarnya deformasi lateral pada dinding dan penurunan muka tanah
dengan metode elemen hingga dua dimensi menggunakan program komputer PLAXIS 2D. studi
paramektrik juga dilakukan dengan memvariasikan beberapa parameter untuk mengetahui
pengaruhnya terhadap defleksi dinding. Nilai peningkatan deformasi lateral dinding setelah
dilakukan analisis balik dengan PLAXIS 2D sudah mendekati hasil pembacaan inklinometer. Hasil
analisis menunjukan bahwa tanah dengan kondisi under-consolidating mengehasilkan deformasi
lateral yang lebih besar dibandingkan kondisi normally-consolidating. Peningkatan derajat
konsolidasi memperbesar deformasi lateral yang terjadi pada dinding, namun adanya soil
improvement berupa jet grouting dan cement deep mixing mampu mengurangi deformasi lateral
yang terjadi baik pada kondisi normally-consolidating maupun under-consolidating. Sedangkan
nilai perubahan panjang dinding contiguous pile tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap
deformasi lateral yang terjadi.