Pengaruh dari Rayleigh Damping dan Numerical Damping terhadap gaya-gaya dalam yang bekerja pada terowongan antara Stasiun Thamrin dan Monas

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustiani, Siska
dc.contributor.advisor Wijaya, Martin
dc.contributor.author Jatmika, Riowanata Surya
dc.date.accessioned 2023-01-19T03:19:32Z
dc.date.available 2023-01-19T03:19:32Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42650
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14215
dc.description 6743 - FTS en_US
dc.description.abstract Proyek Mass Rapid Transit (MRT) merupakan salah satu pembangunan sistem transportasi massal untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta. Proyek MRT menggunakan konstruksi terowongan bawah tanah sebagai akses jalur kereta. Dalam melakukan analisis terowongan perlu memperhitungkan pengaruh beban gempa untuk menghidari kerusakan infrastruktur akibat gempa bumi. Parameter dan sifat dinamis tanah berfungsi untuk memprediksi perambatan gelombang yang berpindah menuju struktur tanah. Rayleigh damping dan Numerical damping merupakan bagian dari parameter dinamis tanah dalam melakukan analisis dinamik. Rayleigh damping dan Numerical damping akan memberikan hasil numerik yang tepat. Rasio redaman yang digunakan adalah 5% untuk dimasukkan sebagai parameter Rayleigh Damping dan nilai Newmark gamma (γ) yang digunakan terdiri dari 0, 0,1, 0,2 dan 0,3 untuk dimasukkan sebagai parameter Numerical damping. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan Metode Elemen Hingga yang dimodelkan pada program PLAXIS 2D. Hasil analisis yang didapatkan berupa nilai gaya dalam pada terowongan sebelum dan sesudah pemberian beban gempa dan akselerogram. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Akselerogram en_US
dc.subject Analisis dinamik en_US
dc.subject Gaya dalam en_US
dc.subject Gempa en_US
dc.subject Numerical damping en_US
dc.subject Rayleigh damping en_US
dc.subject Terowongan en_US
dc.title Pengaruh dari Rayleigh Damping dan Numerical Damping terhadap gaya-gaya dalam yang bekerja pada terowongan antara Stasiun Thamrin dan Monas en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017410160
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8871601019
dc.identifier.kodeprodi NIDN0427038904
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account