dc.description.abstract |
Dalam menghadapi persaingan bisnis, perusahaan industri kosmetik didorong untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini konsumen mulai beralih untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan. Perusahaan perlu mengembangkan produk dengan inovasi baru dan menjaga kualitas produk sesuai dengan kebutuhan konsumen agar dapat bersaing di pasarnya. Kualitas produk dapat diketahui melalui persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Niat beli konsumen dapat ditimbulkan melalui produk dengan persepsi kualitas yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas kualitas produk terhadap niat beli konsumen pada produk sabun mandi Original Source. Pada penelitian ini, Perceived Quality sebagai variabel independen (X) dan niat beli konsumen sebagai variabel dependen (Y).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory research. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, studi literatur, dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang mengetahui produk sabun mandi Original Source. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan model purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik analisis data uji asumsi klasik dan analisi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, tiga dimensi yang diteliti pada Perceived Quality, yaitu Main Functions and Additional Functions (X1), Reliability, Durability, and Product Service(X2) dan The Aesthechics of a Product (X3) memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap niat beli konsumen pada produk sabun mandi Original Source. Terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap niat beli konsumen, yaitu Reliability, Durability, and Product Service (X2) dan The Aesthechics of a Product (X3), sedangkan Main Functions and Additional Functions (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap niat beli konsumen. |
en_US |