Evaluasi sistem informasi akuntansi dan aktivitas pengendalian dalam rangka meningkatkan efisiensi siklus penjualan CV. Mitra Abadi Teknik dalam masa pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.advisor Felisia
dc.contributor.author Dwitama, Kevin
dc.date.accessioned 2022-11-21T09:06:53Z
dc.date.available 2022-11-21T09:06:53Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42338
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13781
dc.description 24528 - FE en_US
dc.description.abstract Pandemi Covid-19 mengharuskan adanya perubahan kebiasaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. CV. Mitra Abadi Teknik merupakan salah satu perusahaan yang terpaksa merubah prosedur dalam siklus penjualan mereka. CV. Mitra Abadi Teknik merupakan perusahaan manufaktur alat berat yang produknya diproduksi secara custom sesuai dengan kebutuhan dan tempat penyimpanannya. Prosedur survey yang biasanya dilakukan CV. Mitra Abadi Teknik tidak dapat dilakukan karena adanya pembatasan interaksi sosial. Siklus penjualan CV. Mitra Abadi Teknik memerlukan penyesuaian sistem informasi akuntansi dan aktivitas pengendalian agar dapat meningkatkan efisiensi dalam masa pandemi Covid-19 dan setelah pandemi ini selesai. Sistem informasi akuntansi merupakan kegiatan yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan memproses data untuk menghasilkan informasi bagi pengambil keputusan. Perusahaan harus memiliki sistem informasi akuntansi yang baik agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Selain sistem informasi akuntansi, aktivitas pengendalian juga dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Aktivitas pengendalian sendiri merupakan kebijakan dan prosedur yang membantu manajemen untuk memastikan risiko telah ditanggapi dan tujuan pengendalian telah tercapai. Dengan adanya sistem informasi akuntansi dan aktivitas pengendalian yang baik dan benar akan membantu CV. Mitra Abadi Teknik untuk meningkatkan efisiensi pada siklus penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mengumpulkan data berdasarkan faktor-faktor yang menjadi pendukung terhadap objek penelitian. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian yang diteliti adalah sistem informasi akuntansi dan aktivitas pengendalian yang dimiliki oleh CV. Mitra Abadi Teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sistem informasi akuntansi dan aktivitas pengendalian yang dimiliki oleh CV. Mitra Abadi Teknik dinilai belum cukup memadai. CV. Mitra Abadi Teknik sendiri melakukan empat aktivitas pengendalian, yaitu separation of duties, audit trails, security and integrity, dan documentation. Terdapat kekurangan dalam setiap aktivitas pengendalian yang dilakukan oleh CV. Mitra Abadi Teknik. Kekurangan pada aktivitas pengendalian separation of duties terlihat dari belum adanya pemisahan fungsi custody dan authorization pada aktivitas penerimaan pembayaran. Kekurangan dalam aktivitas pengendalian audit trails adalah pemanfaatan dokumen yang kurang maksimal dan belum adanya backup file dari master file yang dimiliki CV. Mitra Abadi Teknik. Kekurangan pada aktivitas pengendalian security and integrity adalah belum adanya pembatasan akses terkait dokumen fisik yang telah diarsip. Sedangkan, kekurangan pada aktivitas pengendalian documentation adalah belum adanya dokumen pada tahap pemesanan pelanggan CV. Mitra Abadi Teknik dan terdapat beberapa dokumen yang belum memiliki rangkap. Kekurangan tersebut dapat menyebabkan tidak terkendalinya risiko yang mungkin terjadi. Akibatnya, tujuan utama dalam siklus penjualan CV. Mitra Abadi Teknik tidak tercapai. Untuk meningkatkan efisiensi penjualan CV. Mitra Abadi Teknik, sebaiknya memisahkan fungsi custody dengan authorization pada aktivitas penerimaan pembayaran, melakukan pembatasan akses terkait dokumen yang sudah di arsip, melakukan backup pada master file perusahaan, dan membuat dokumen customer order dan form pemesanan barang. Selain itu CV. Mitra Abadi Teknik juga disarankan untuk merubah alur penagihan dan penerimaan pembayaran, serta membuat flowchart dan standard operating procedure (SOP) pada siklus penjualan mereka agar meminimalisir terjadinya kesalahan yang dilakukan karyawan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan variable atau alat ukur yang berbeda. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Aktivitas Pengendalian en_US
dc.subject Efisiensi Siklus Penjualan en_US
dc.subject Sistem Informasi Akuntansi en_US
dc.title Evaluasi sistem informasi akuntansi dan aktivitas pengendalian dalam rangka meningkatkan efisiensi siklus penjualan CV. Mitra Abadi Teknik dalam masa pandemi Covid-19 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130142
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401028301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account