Pengaruh persepsi konsumen pada kualitas jasa terhadap niat beli ulang konsumen jasa pengiriman Ninja Xpress

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Graha, Sandi Aditha
dc.date.accessioned 2022-11-21T03:41:43Z
dc.date.available 2022-11-21T03:41:43Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42221
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13770
dc.description 24411 - FE en_US
dc.description.abstract Konsumen akan selalu tertarik dan memiliki perhatian lebih kepada perkembangan tren baru. Pada pandemi covid-19 penjualan pada e-commerce mengalami peningkatan sehingga jasa pengiriman mengalami peningkatan. Salah satu jasa pengiriman yang ada di Indonesia yaitu Ninja xpress. Ninja Xpress telah berada di Indonesia lebih dari 3 tahun tetapi Ninja Xpress belum menjadi jasa pengiriman pilihan konsumen. Konsumen lebih memilih JNE, JNT dan sebagainya dibandingkan Ninja Xpress. Berdasarkan preliminary research terhadap 16 responden yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress 12 orang tidak mau menggunakan kembali dan 4 orang ingin menggunakan kembali jasa pengiriman Ninja Xpress dengan alasan sering terlambat, agen Ninja Xpress jauh dari lokasi, tracking barang yang diberikan sulit untuk dilacak dan barang yang sering hilang, customer service tidak ramah, dan keluhan yang tidak direspon cepat. Dari hasil preliminary research tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap service quality [tangibles (X1), reliability (X2), assurance (X3), responsiveness (X4) dan empathy (X5)] jasa pengiriman ninja xpress, mengetahui bagaimana niat beli ulang konsumen jasa pengiriman ninja xpress. Adapun tujuan lainya adalah mengetahui besar pengaruh persepsi konsumen pada service quality terhadap niat beli ulang konsumen jasa pengiriman Ninja Xpress. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dan menggunakan metode survei. Pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 107 responden yang diteliti berdasarkan convenience sampling dengan kriteria pernah menggunakan jasa pengiriman ninja xpress. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisa deskriptif dan analisa regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi konsumen pada variabel tangibles, responsiveness, empathy, dan niat beli ulang adalah tidak baik, persepsi konsumen pada variabel reliability dan assurance adalah baik. Untuk hasil analisis pengaruh pada penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara persepsi konsumen pada variabel tangibles, reliability, dan empathy terhadap niat beli ulang secara parsial. Sedangkan variabel assurance dan responsiveness tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli ulang. Dimensi service quality secara bersama-sama memiliki pengaruh secara silmutan terhadap niat beli ulang ninja xpress. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject persepsi en_US
dc.subject service quality en_US
dc.subject tangibles en_US
dc.subject reliability en_US
dc.subject assurance en_US
dc.subject responsiveness en_US
dc.subject assurance en_US
dc.subject niat beli ulang en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen pada kualitas jasa terhadap niat beli ulang konsumen jasa pengiriman Ninja Xpress en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120075
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account