Abstract:
Pada zaman sekarang musik tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Alat untuk mendengarkan musik pun berkembang dari konvensional menjadi modern. Bermunculan aplikasi-aplikasi musik, salah satunya yang menjadi pelopor adalah SoundCloud. Walaupun, SoundCloud adalah pelopor dan salah satu aplikasi musik terlama, tetapi tetap tidak bisa jadi pemimpin pasar di Indonesia. Berdasarkan hasil dari penelitian pendahuluan ditemukan gejala adanya kekurangan terhadap atribut produk yang menjadi alasan kenapa pengguna enggan untuk memakai SoundCloud lagi maka, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pendapat konsumen terhadap masing-masing dimensi dalam atribut produk, niat pakai ulang, dan pengaruh masing-masing dimensi atribut produk terhadap niat pakai ulang. Jenis penelitian ini adalah applied research dan dengan metode explanatory research. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diteliti menggunakan judgement sampling dengan kriteria generasi milenial (1980 - 2000) yaitu, orang dengan umur berkisar dari 21 sampai 41, suka mendengar musik, dan pernah memakai aplikasi SoundCloud. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dianalisis secara deskriptif dan diolah dengan uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah dari 6 dimensi yang digunakan dalam atribut produk (functional suitability, usability, reliability, maintainability, portability, dan desain). Ditemukan 3 dimensi tidak berpengaruh dan tidak signifikan, yaitu functional suitability, usability, dan maintainability. Sedangkan, 3 dimensi yang lain yaitu, reliability, portability, dan desain berpengaruh dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap niat pakai ulang SoundCloud.