dc.description.abstract |
Dengan berkembangnya teknologi membuat cara masyarakat dalam mengkonsumsi media berubah. Berawal dari belum adanya internet masyarakat menggunakan TV untuk mengkonsumsi media. Kemudian muncullah internet sehingga, pada tahun 2012 penelitian internasional mengatakan adanya perubahan kebiasaan dalam menggunakan media serta mempersonalisasikannya dalam sebuah perangkat elektronik. Dengan adanya perubahan cara dalam mengkonsumsi media terutama hiburan, dan bertambahnya secara signifikan pengguna internet di tanah air, hadirlah SVOD atau yang disebut subscription video on demand. SVOD sendiri adalah layanan yang memberikan konten acara TV, film dalam berbagai genre, dan serial TV yang bisa diakses melalui jaringan internet dimanapun dan kapanpun dengan membayar sejumlah uang. Salah satu jasa SVOD di Indonesia adalah Netflix. Attribute product mempengaruhi niat beli konsumen dalam memilih jasa SVOD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attribute product terhadap niat beli jasa SVOD Netflix.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory survey. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden, dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode convenience sampling dengan kriteria yang disesuaikan oleh penulis. Responden memiliki hobi menonton, dan responden mengetahui Netflix. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis linear berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel variety of content available memiliki pengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai regresi 0,258. Variabel ease of use memiliki pengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai regresi 0,082. Variabel perceived price level memiliki pengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai regresi 0,327. Variabel variety of content available, ease of use, dan perceived price level memiliki pengaruh positif terhadap niat beli pada Netflix. |
en_US |