Abstract:
Brand kosmetik di Indonesia saat ini semakin banyak, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, membuat promosi melalui media sosial yang menarik untuk calon konsumen. Dari sekian banyak brand kosmetik di Indonesia, penulis memilih brand kosmetik lokal terbesar dan tertua di Indonesia yaitu Mustika Ratu. Mustika Ratu memiliki sub brand bernama Beauty Queen by Mustika Ratu dimana brand tersebut menjadi objek penulisan penulis, untuk mengetahui lebih lanjut penulis melakukan observasi iklan Beauty Queen by Mustika Ratu dan juga melakukan preliminary research dengan melakukan wawancara kepada beberapa responden. Hasilnya 6 dari 6 responden tidak bisa langsung mengetahui brand dari Beauty Queen by Mustika Ratu saat dipertontonkan, dan juga tidak mengerti terhadap pesan yang berusaha disampaikan dari iklan tersebut.
Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui apakah pesan dalam iklan mempengaruhi Brand awareness Beauty Queen by Mustika Ratu. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penulisan secara eksplanatif dan juga uji pengaruh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, penyebaran angket dengan judgement sampling, dan studi literatur. Analisa data dilakukan secara kualitatif dan secara kuantitatif dengan menggunakan hasil regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan dalam iklan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran merek Beauty Queen by Mustika Ratu yang mengartikan bahwa adanya pengaruh lain yang mempengaruhi rendahnya kesadaran merek, dan disajikan dalam bentuk kualitatif.