Abstract:
Kementerian Perindustrian mencatat, sepanjang tahun 2018, industri makanan dan minuman
mampu tumbuh sebesar 7,91 persen atau melampaui pertumbuhan ekonomi nasional di angka 5,17
persen. Melihat persaingan dalam industri kuliner yang semakin ketat perusahaan harus
mempunyai competitive advantage. Perusahaan perlu memastikan kegiatan operasionalnya
berjalan dengan efektif agar keunggulan tersebut dapat tercapai. Beken BBQ merupakan salah
satu UMKM yang bergerak di industri kuliner yang menjual berbagai jenis daging barbeque
dengan menggunakan rasa asli Indonesia, seperti rendang. Beken BBQ hingga saat ini masih
mengalami berbagai kesulitan dalam kegiatan operasionalnya yang berdampak pada penjualan.
Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan operasional untuk mengetahui penyebab ketidakefektifan
kegiatan operasional Beken BBQ dan menyusun rekomendasi untuk memperbaiki kegiatan
operasional Beken BBQ agar dapat meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan.
Kegiatan operasional perusahaan pada bidang kuliner seperti restoran umumnya
terdiri dari beberapa aktivitas, yaitu: penerimaan pesanan, pelayanan pada pelanggan, penerimaan
pembayaran, pemeriksaan dan pembelian persediaan. Penjualan merupakan hal yang penting bagi
perusahaan untuk menghasilkan laba. Setiap perusahaan mempunyai kemungkinan mengalami
masalah-masalah dalam kegiatan penjualan yang tidak dapat dihindari, sehingga diperlukan
pemeriksaan operasional secara berkala. Pemeriksaan operasional dilakukan dengan
mengakumulasi dan mengevaluasi bukti atas informasi untuk menentukan dan melaporkan
kesesuaian antara informasi dan kriteria yang ditetapkan pada pihak yang berkepentingan.
Pemeriksa perlu mengetahui apakah target perusahaan sudah tercapai dan bagian manakah yang
perlu ditingkatkan dalam melihat kondisi perusahaan. Perbandingan tersebut menghasilkan
temuan yang kemudian dikembangkan menjadi rekomendasi yang dapat membantu meningkatkan
penjualan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang
digunakan berupa hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder yang digunakan
berupa dokumen dari internet, buku-buku yang berisi teori yang mendukung penelitian. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan studi
kepustakaan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah efektivitas kegiatan operasional
perusahaan dalam meningkatkan penjualan dengan unit penelitian yang digunakan adalah Beken
BBQ.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SOP Beken BBQ belum dijalankan secara
maksimal oleh karyawan. Sumber daya manusia yang dimiliki masih terbatas sehingga karyawan
merasa kesulitan dalam bekerja. Pemasok masih belum memadai, ditandai dengan pemasok yang
sering terlambat dalam pengantaran barang yang dipesan. Kegiatan pembayaran masih terhambat
karena adanya error dalam aplikasi dan bill yang terkadang tidak tercetak. Saran yang diberikan
pada Beken BBQ yaitu SOP dibuat sistematis dan ditempel serta deskripsi pekerjaan harus terus
dikomunikasikan oleh manajer kepada karyawan. Beken BBQ juga sebaiknya mencoba
mempertimbangkan merekrut karyawan, melakukan perbandingan pemasok dan survei berkala
untuk mencari pemasok yang lebih konsisten, serta membuat kartu persediaan untuk membantu
mengelola persediaan. Beken BBQ disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan operasional
secara berkala untuk meningkatkan efektivitas kegiatan operasional di masa yang akan datang.