Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan kualitas informasi : studi kasus pada CV. Ruchi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Amelia
dc.contributor.author Nisa, Zahra
dc.date.accessioned 2022-11-09T08:39:40Z
dc.date.available 2022-11-09T08:39:40Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42306
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13659
dc.description 24496 - FE en_US
dc.description.abstract Bidang teknologi informasi merupakan salah satu bidang yang cepat sekali mengalami perubahan seiring dengan perkembangan jaman. CV. Ruchi merupakan salah satu perusahaan dengan memproduksi dan menjual produk laboratory & scientific glassware instrument yang terkena dampak atas perubahan teknologi informasi ini. Perubahan teknologi informasi dapat memberikan dampak baik berupa peluang yang dapat dimanfaatkan perusahaan dengan berinovasi menciptakan produk baru serta memperluas pangsa pasar. Namun dengan adanya peluang ini, bisa juga memberikan dampak buruk yang mana muncul kompetitor-kompetitor di bidang sama sehingga menjadi ancaman bagi perusahaan. Untuk mengatasi ancaman tersebut, CV. Ruchi haruslah memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage) salah satu caranya yakni dengan membuat kegiatan operasi perusahaan berjalan lebih baik lagi. Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu aspek yang mendukung perusahaan untuk bisa beroperasi lebih baik dengan membantu perusahaan dalam memperoleh informasi yang berkualitas. Informasi yang berkualitas ini berguna bagi perusahaan untuk menghasilkan keputusan yang tepat sehingga perusahaan bisa mencapai tujuan serta meraih keunggulan kompetitif. Oleh itu, dilakukanlah analisis dan desain sistem informasi akuntansi pada kegiatan bisnis perusahaan yang mana terdapat peristiwa pertukaran item oleh dua entitas atau lebih (give-get-exchange) yang terbagi menjadi lima proses bisnis atau siklus transaksi yakni revenue cycle, expenditure cycle, production cycle, human resource/payroll cycle, dan financing cycle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni descriptive study yang mana data dikumpulkan dengan mengamati serta mendeskripsikan peristiwaperistiwa yang terjadi dalam setiap siklus, kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan dihasilkan temuan untuk nantinya dijadikan masukan bagi perusahaan. Data diperoleh dari data primer berupa wawancara dan observasi serta data sekunder berupa dokumen-dokumen yang dimiliki oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, masih terdapat kekurangan pada sistem dan dokumen yang dimiliki oleh CV Ruchi yang mana perusahaan belum memiliki pencatatan pada persediaan bahan baku serta pendokumentasian dalam general ledger and reporting system masih kurang memadai akibat tidak tersedianya beberapa dokumen dalam siklus-siklus sebelumnya. Kekurangan-kekurangan tersebut dapat menyebabkan beberapa ancaman seperti pembelian bahan baku yang berlebihan, perhitungan harga penjualan yang tidak tepat, serta kesalahan dalam melakukan pengambilan keputusan. Untuk itu dbuat beberapa rekomendasi dalam perancangan sistem informasi akuntansi yang terdiri dari perancangan desain konseptual berupa data flow diagram (context diagram serta level 0), flowchart, entity relationship diagram, dan relational database, serta perancangan desain fisik berupa sistem informasi akuntansi terkomputerisasi yang dibuat menggunakan microsoft access seperti login screen, menu-menu untuk pengoperasian sistem, dokumen, dan laporan. Adapun beberapa laporan dibuat dengan menggunakan microsoft excel. Atas rekomendasi yang diberikan, diharapkan dapat membantu kelancaran operasional perusahaan. Dibuatnya perancangan desain secara konseptual diharapkan dapat membantu perusahaan untuk memahami alur data dan arus kerja yang ada serta hubungan antar entitas. Perancangan desain secara fisik diharapkan meningkatkan kecepatan serta keakuratan pemrosesan data terkait informasi yang dibutuhkan. Dari analisis dan pengembangan rancangan desain yang telah dilakukan, perusahaan bisa mendapatkan informasi yang berkualitas sesuai dengan tujuh karakteristik informasi yang berguna. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject analisis dan desain sistem informasi akuntansi en_US
dc.subject revenue cycle en_US
dc.subject expenditure cycle en_US
dc.subject production cycle en_US
dc.subject human resource/payroll cycle en_US
dc.subject financing cycle en_US
dc.title Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan kualitas informasi : studi kasus pada CV. Ruchi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130037
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0422087701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account