Abstract:
Bidang teknologi informasi merupakan salah satu bidang yang cepat sekali mengalami
perubahan seiring dengan perkembangan jaman. CV. Ruchi merupakan salah satu
perusahaan dengan memproduksi dan menjual produk laboratory & scientific glassware
instrument yang terkena dampak atas perubahan teknologi informasi ini. Perubahan
teknologi informasi dapat memberikan dampak baik berupa peluang yang dapat
dimanfaatkan perusahaan dengan berinovasi menciptakan produk baru serta memperluas
pangsa pasar. Namun dengan adanya peluang ini, bisa juga memberikan dampak buruk yang
mana muncul kompetitor-kompetitor di bidang sama sehingga menjadi ancaman bagi
perusahaan. Untuk mengatasi ancaman tersebut, CV. Ruchi haruslah memiliki keunggulan
kompetitif (competitive advantage) salah satu caranya yakni dengan membuat kegiatan
operasi perusahaan berjalan lebih baik lagi.
Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu aspek yang mendukung
perusahaan untuk bisa beroperasi lebih baik dengan membantu perusahaan dalam
memperoleh informasi yang berkualitas. Informasi yang berkualitas ini berguna bagi
perusahaan untuk menghasilkan keputusan yang tepat sehingga perusahaan bisa mencapai
tujuan serta meraih keunggulan kompetitif. Oleh itu, dilakukanlah analisis dan desain sistem
informasi akuntansi pada kegiatan bisnis perusahaan yang mana terdapat peristiwa
pertukaran item oleh dua entitas atau lebih (give-get-exchange) yang terbagi menjadi lima
proses bisnis atau siklus transaksi yakni revenue cycle, expenditure cycle, production cycle,
human resource/payroll cycle, dan financing cycle.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni descriptive
study yang mana data dikumpulkan dengan mengamati serta mendeskripsikan peristiwaperistiwa
yang terjadi dalam setiap siklus, kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dan dihasilkan temuan untuk nantinya dijadikan masukan bagi perusahaan. Data
diperoleh dari data primer berupa wawancara dan observasi serta data sekunder berupa
dokumen-dokumen yang dimiliki oleh perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, masih terdapat kekurangan
pada sistem dan dokumen yang dimiliki oleh CV Ruchi yang mana perusahaan belum
memiliki pencatatan pada persediaan bahan baku serta pendokumentasian dalam general
ledger and reporting system masih kurang memadai akibat tidak tersedianya beberapa
dokumen dalam siklus-siklus sebelumnya. Kekurangan-kekurangan tersebut dapat
menyebabkan beberapa ancaman seperti pembelian bahan baku yang berlebihan, perhitungan
harga penjualan yang tidak tepat, serta kesalahan dalam melakukan pengambilan keputusan.
Untuk itu dbuat beberapa rekomendasi dalam perancangan sistem informasi akuntansi yang
terdiri dari perancangan desain konseptual berupa data flow diagram (context diagram serta
level 0), flowchart, entity relationship diagram, dan relational database, serta perancangan
desain fisik berupa sistem informasi akuntansi terkomputerisasi yang dibuat menggunakan
microsoft access seperti login screen, menu-menu untuk pengoperasian sistem, dokumen,
dan laporan. Adapun beberapa laporan dibuat dengan menggunakan microsoft excel. Atas
rekomendasi yang diberikan, diharapkan dapat membantu kelancaran operasional
perusahaan. Dibuatnya perancangan desain secara konseptual diharapkan dapat membantu
perusahaan untuk memahami alur data dan arus kerja yang ada serta hubungan antar entitas.
Perancangan desain secara fisik diharapkan meningkatkan kecepatan serta keakuratan
pemrosesan data terkait informasi yang dibutuhkan. Dari analisis dan pengembangan
rancangan desain yang telah dilakukan, perusahaan bisa mendapatkan informasi yang
berkualitas sesuai dengan tujuh karakteristik informasi yang berguna.