Abstract:
Strategi pemasaran menjadi faktor penting bagi perusahaan dalam menghadapi
persaingan bisnis, mengingat strategi pemasaran berkaitan erat dengan keunggulan
kompetitif perusahaan. Perusahaan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat
terhadap perubahan pasar. Dalam perkembangannya, strategi pemasaran online
menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif saat ini. Dimana pemasaran produk
dapat melalui beberapa media pemasaran online terkini yakni media sosial, website
serta marketplace.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rencana strategi pemasaran online
produk tekstil terutama dalam bertahan menghadapi pandemi covid-19 pada PT. Maju
Aman Sentosa Textile. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan
pendekatan kualitatif, serta metode dalam penelitian ini yakni studi kasus. Data yang
diperoleh akan dianalisis lebih lanjut secara kualitatif.
Hasil analisis dari strategi pemasaran online yang akan diterapkan, diharapkan
dapat meningkatkan penjualan produk tekstil terutama selama pandemi covid-19 pada
PT.Maju Aman Sentosa Textile. Beberapa aspek seperti produk, harga, promosi,
lokasi, SDM dan proses menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan rencana
strategi pemasaran online.