dc.description.abstract |
Perilaku konsumen adalah interaksi dinamis antara perilaku, lingkungan sekitar dan
kognisi, di mana ketiga elemen tersebut memengaruhi keputusan pembelian seorang
konsumen. Lingkungan sekitar atau faktor eksternal pun dapat dipecah menjadi berbagai unsur,
yaitu demografi, budaya, sosial, dan bauran pemasaran (product, place, price, promotion).
Sama halnya dengan lingkungan eksternal, kognisi atau pemikiran individu yang dianggap
sebagai kotak hitam yang misterius dapat dipecah menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan
proses pembuat keputusan.
Kotak Hitam Kotler merupakan salah satu model analisis perilaku konsumen yang
secara menyeluruh mendefinisikan proses ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa faktor
sosial, demografi, dan persepsi memengaruhi sebagian besar informan. Hal tersebut khususnya
berlaku untuk pelanggan industri makanan beku CV.UAR atau dikenal sebagai Bakso
Cihampelas. |
en_US |