Abstract:
Salah satu jenis dalam industri kreatif adalah bisnis media broadcasting.
Bisnis media broadcasting memanfaatkan knowledge management dalam
memproduksi program TV. knowledge management yang dilakukan berupa
pengumpulan informasi yang dapat menjadi dasar dalam pembuatan konten
program TV. Namun karena tidak tersedianya media pengumpulan data atau bank
data sehingga pembuatan konten program TV memakan waktu yang lebih lama.
Melalui penelitian ini, pengaruh IT Infrastructure dijabarkan terhadap knowledge
sharing intention di PT X.
Beberapa dimensi yang diteliti antara lain IT Infrastructure terhadap
dimensi network, hardware, software, procedure, support staf, database dan
kemudahan serta dimensi knowledge sharing intention antara lain kedekatan dan
jenis knowledge. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif dengan
jumlah 40 responden yang terdiri dari 47,50% staf departemen kreatif dan 52,50%
staf departemen non - kreatif. Data - data hasil penyebaran kuesioner yang telah
terkumpul kemudian diolah menjadi sebuah informasi yang dapat berguna untuk
melakukan analisis penelitian dengan bantuan regresi linear sederhana untuk
melihat persepsi IT Infrastructure terhadap praktek knowledge sharing intention
pada PT X. Berdasarkan hasil regresi linear tersebut, dapat dilihat bahwa pada
variabel IT Infrastructure dimensi network dan software sudah tersedia dan
dimensi database belum tersedia. Sedangkan, untuk variabel knowledge
sharing intention dimensi kedekatan sudah terlaksana baik dan jenis knowledge
perlu untuk ditingkatkan. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di PT
X IT Infrastructure tidak berpengaruh terhadap knowledge sharing intention.