dc.description.abstract |
Pada Industri 4.0, teknologi berkembang sangat pesat, terutama di bidang bisnis dan pendidikan. Segalanya mulai dikomunikasikan dan dijalankan secara daring, apalagi di saat pandemi. Banyak siswa harus bersekolah tanpa melakukan tatap muka secara langsung. PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendorong dunia pendidikan untuk memakai teknologi yang mumpuni. Penelitian ini pun dibuat untuk mencari tahu dan mengeksplorasi pengaruh dari strategi pemasaran digital yang dipakai oleh Ruangguru terhadap keputusan pembelian konsumen bagi siswa SMA di Kota Bandung.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif yang diambil melalui kuesioner dari 100 responden. Teknik sampling yang dipakai adalah purposive dan accidental sampling. Uji instrumen yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknis analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil penelitian pun didapatkan dengan menganalisis secara deskriptif hasil pengujian yang dilakukan. Melalui hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran digital berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hubungan antara kedua variabel pun dapat dinyatakan kuat.
Setelah mengetahui hasil penelitian, penulis pun menyarankan beberapa hal. Diantaranya adalah inovasi produk/jasa Ruangguru pada dimensi pemasaran afiliasi dan kemitraan strategis, membuat promosi sebagai lampiran pada data penting yang dikirimkan melalui e-mail pada dimensi e-mail pemasaran, diberikan diskon atau keuntungan tertentu pada pemakai website pendidikan yang bekerja sama dengan Ruangguru pada dimensi pemasaran afiliasi dan kemitraan strategis, dan memfokuskan pemasaran pada media sosial pada dimensi pemasaran afiliasi dan kemitraan strategis. |
en_US |