dc.description.abstract |
Calla The Label merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang
fashion industry dan menjual produknya secara online dan offline dan kini mulai fokus
untuk memasarkan produknya menggunakan strategi digital marketing. Persentase
penjualannya mengalami fluktuasi yang tinggi dan cenderung menurun. Salah satu
penyebabnya adalah pengelolaan digital marketing yang belum maksimal. Masalah
yang timbul pada perusahaan adalah bagaimana melakukan pengembangan digital
marketing yang tepat agar dapat mengoptimalkan penjualan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis strategi dan memberikan usulan strategi digital marketing
berdasarkan SWOT dalam upaya mengoptimalkan penjualan di Calla The Label.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis dengan metode
pendekatan studi kasus dan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan
adalah purposive sampling. Data primer penelitian diperoleh dari wawancara,
kuesioner dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah founder, pemilik, head
of marketing, dan customer Calla The Label. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis SWOT, matriks SWOT, STP dan marketing mix 7P.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi digital marketing dari
Calla The Label sudah memberikan kontribusi yang positif terhadap optimalisasi
penjualan, dikarenakan persentase realisasi penjualan setelah menerapkan digital
marketing mengalami kenaikan 20% dari 25% ke 45%. Dari hasil analisis matriks
SWOT, ditemukan beberapa solusi dalam pengembangan digital marketing dari Calla
The Label yaitu memperluas jangkauan potensial konsumen, menambah platform
digital, meningkatkan kemampuan sumber daya dalam mengembangkan media sosial,
membuat fitur khusus website dan highlight Intagram mengenai testimony pelanggan
untuk meningkatkan reputasi, memunculkan banyak ide kreatif dalam media sosial,
membentuk tim khusus untuk melakukan perencanaan content marketing agar selalu
aktif dan tidak mudah ditiru. |
en_US |