Implementasi green marketing strategy melalui penerapan model bisnis ramah lingkungan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermawan, Daniel
dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Siswanti S., Siti
dc.date.accessioned 2022-11-07T06:00:38Z
dc.date.available 2022-11-07T06:00:38Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13553
dc.description maklhsc622 en_US
dc.description.abstract Penerapan kebijakan PSBB membuat pelaku UMKM, khususnya yang bergerak di sektor minuman melakukan adaptasi terhadap operasional bisnis yang dilakukan. Pengurangan jam operasional dan kapasitas pembeli yang datang ke tempat membuat sebagian UMKM minuman melakukan adaptasi terhadap model bisnis yang mereka lakukan dengan melakukan digitalisasi terhadap proses bisnis. Fenomena pembelian melalui aplikasi online memang di satu sisi membantu penjualan dari pelaku UMKM minuman, namun di sisi lain isu lingkungan menjadi hal krusial yang perlu dikaji mengingat pemakaian kemasan sekali pakai dalam pandemi Covid-19 menimbulkan permasalahan baru, khususnya pada lingkungan. Di samping itu, perkembangan teknologi mendorong pelaku UMKM untuk melakukan digitalisasi pada aktivitas bisnisnya. Sebagian besar UMKM minuman di Kota Bandung, menggunakan plastik sekali pakai sebagai kemasan. Hal ini dapat meningkatkan jumlah sampah plastik yang dapat merusak lingkungan. Di samping itu, kegiatan operasional yang dilakukan tanpa mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan dapat memunculkan permasalahan lingkungan. Hal ini contohnya, sampah yang dihasilkan dari kegiatan operasional. Apabila sampah tidak diolah dengan baik, maka dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Seluruh masyarakat khususnya pelaku UMKM minuman, memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan.Implementasi green marketing strategy melalui penerapan model bisnis ramah lingkungan pada UMKM minuman, tentunya dapat membantu mengurangi permasalahan lingkungan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode design thinking di mana peneliti menggunakan tools-tools design thinking untuk melakukan analisis, seperti user profile, dan value proposition canvas. Di samping itu, peneliti juga menggunakan Business Model Canvas, SWOT dan PESTEL sebagai alat analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model bisnis ramah lingkungan pada UMKM minuman di Kota Bandung belum dilakukan dengan optimal, sehingga peneliti mencoba untuk merancang model bisnis ramah lingkungan dengan membuat Green Business Model Canvas. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject green marketing strategy en_US
dc.subject model bisnis ramah lingkungan en_US
dc.subject UMKM minuman di Kota Bandung. en_US
dc.title Implementasi green marketing strategy melalui penerapan model bisnis ramah lingkungan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320116
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0431129201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account