Pengaruh kepercayaan terhadap minat beli pengunjung dan konsumen Toko Online Chanceux_id di Shopee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Grady, Samuel
dc.date.accessioned 2022-11-07T05:50:09Z
dc.date.available 2022-11-07T05:50:09Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41471
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13552
dc.description 9837 - FISIP en_US
dc.description.abstract Belanja online menjadi salah satu tren yang menjanjikan bagi para pebisnis karena kemudahannya memenuhi kebutuhan konsumen. Akan tetapi, dengan berbelanja online, pembeli dan penjual tidak saling bertemu langsung. Hal ini menimbulkan beberapa tantangan, salah satunya kepercayaan. Hanya perlu satu kali klik untuk membandingkan toko-toko online. Bersaing dalam harga menjadi hal yang pasti, namun menjadi toko yang terpercaya adalah hal yang penting. Untuk menghindari penipuan, konsumen dapat memilih marketplace sebagai salah satu sarana dalam berbelanja. Hal ini dikarenakan uang yang dibayarkan tidak akan langsung ke penjual melainkan menunggu pembeli menerima barang tanpa keluhan baru uang tersebut dapat dicairkan ke penjual. Dalam sistem ini, konsumen mungkin tidak akan puas dengan toko yang tidak terpercaya. Chanceux_id sudah menjadi bagian dari Shopee sejak 7 Maret 2020. Dalam menjalankan bisnisnya, toko ini terus berupaya untuk membangun kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah kepercayaan berpengaruh terhadap niat beli pengunjung dan konsumen dari Chanceux_id di Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti mengumpulkan melalui kuesioner dan observasi langsung. Kuesioner disebarkan ke 100 orang dengan syarat orang tersebut pernah membeli atau mengunjungi Chanceux_id. Variabel yang diteliti adalah trust dan purchase intention. Variabel trust diukur dengan dimensi integrity, benevolence, competency, dan predictability. Sedangkan untuk variabel purchase intention menggunakan dimensi transactional interest, referencial interest, preferential interest, dan request explorative. Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh trust terhadap purchase intention. Dilihat dari hasil uji yang dilakukan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Trust memiliki pengaruh terhadap purchase intention sebesar 47,5%. Uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa setiap ada kenaikan sebesar 1% pada variabel trust maka diprediksikan variabel purchase intention akan meningkat sebesar 0,214. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja dari Chanceux_id sudah sangat baik pada semua aspek yang diukur. Namun, Chanceux_id memiliki kekurangan dalam hal ketersediaan stok barang yang masih bergantung pada supplier. Maka dari itu peneliti menyarankan Chanceux_id melakukan produksi sendiri produk yang biasa dibeli dari pemasok dan mengelola stok barang yang akan dijual agar adanya jaminan ketersediaan barang yang akan dibeli oleh para calon konsumen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Trust, en_US
dc.subject Purchase Intention, en_US
dc.subject transaksi online en_US
dc.subject marketplace en_US
dc.title Pengaruh kepercayaan terhadap minat beli pengunjung dan konsumen Toko Online Chanceux_id di Shopee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320114
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account