Abstract:
Whiz Packaging adalah toko online yang menyediakan produk berupa kemasan makana dan minuman lewat e-marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Dengan meningkatnya nilai transaksi e-commerce, persaingan usaha pun meningkat dari waktu ke waktu, Whiz Packaging perlu merancang strategi promosi untuk mendapatkan konsumen agar usahanya dapat terus bersaing dengan pesaing-pesaing lainnya. Namun, strategi promosi yang dibutuhkan harus mampu direalisasikan sesuai dengan kemampuan Whiz Packaging saat ini. Dimana, dengan menggunakan media sosial untuk dapat menghubungkan konsumennya kepada e-marketplace tetapi juga sebagai jalur untuk mendapatkan konsumen baru lewat platform lain selain e-marketplace.
Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif secara deskriptif dengan analisis studi kasus. Data yang diperoleh dan digunakan adalah data primer didukung dengan data sekunder dimana dilakukan wawancara terhadap pemilik usahanya langsung dan survei singkat dengan 50 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang paling optimal dilakukan oleh Whiz Packaging adalah melakukan perluasan jaringan lewat platform digital seperti media sosial untuk menjangkau konsumen baru. Selain e-marketplace, media sosial dapat digunakan untuk mendapatkan konsumen karena memiliki persentase penggunaan yang cukup tinggi. Diketahui juga bahwa Whiz Packaging butuh menampilkan nilai jual unggulan, yaitu brandnya tersendiri sehingga sulit untuk ditiru dan digunakan pesaing lain. Hal ini agar produk dan layanan yang diberikan oleh Whiz Packaging sulit dibandingkan oleh konsumen hanya berdasarkan harga jualnya saja karena terdapat reputasi toko juga yang ditawarkan.