Karakteristik persaingan usaha dan startegi bisnis jasa bimbel pivat : studi kasus Obusway

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Jeovany, Jeanice
dc.date.accessioned 2022-11-04T03:34:51Z
dc.date.available 2022-11-04T03:34:51Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41466
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13523
dc.description 9832 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pendidikan merupakan salah satu aspek penting di Indonesia dan selama ini pembelajaran lebih banyak dilakukan di sekolah. Namun, masyarakat menganggap belajar tambahan di luar sekolah yaitu bimbingan belajar tidak kalah penting dan sudah menjadi sebuah kebutuhan. Kebutuhan tersebut membuat bimbingan belajar semakin meningkat jumlahnya. Namun perkembangan digitalisasi yang memicu munculnnya platform belajar online dapat menimbulkan persaingan dengan bimbingan belajar yang ada di masyarakat yaitu lembaga dan privat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik persaingan usaha bimbingan belajar, yaitu privat, lembaga, dan online. Dalam hal ini, penelitian ini pun ingin merancang strategi bisnis khusus bagi jasa bimbingan belajar privat menggunakan Obusway Learning Center sebagai studi kasusnya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diambil oleh peneliti berdasarkan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu tools Porter Five Forces, PESTEL, dan Value Chain yang dipadukan untuk merumuskan kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman (SWOT) bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik persaingan usaha bimbingan belajar dalam hal tekanan konsumen, tekanan pendatang baru dan persaingan yang ada cukup tinggi. Kemudian, peneliti memberikan usulan strategi focused differentiation strategy berdasarkan matrix SWOT untuk bimbingan belajar privat termasuk Obusway Learning Center. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Bimbingan Belajar en_US
dc.subject Porter Five Forces en_US
dc.subject focused differentiation strategy en_US
dc.title Karakteristik persaingan usaha dan startegi bisnis jasa bimbel pivat : studi kasus Obusway en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320084
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account