Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pendidikan dan pelatihan
pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang dilakukan secara
online pada pegawai auditor Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sumatera Utara
yang menggunakan model evaluasi pendidikan dan pelatihan Kirkpatrick. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi program pelatihan Kirkpatrick
yang terdiri dari empat level yaitu level 1 reaction/reaksi, level 2 learning/
pembelajaran, level 3 behavior/perilaku dan level 4 result/hasil. Pada level reaction
dan level learning dinilai pada saat melakukan diklat dan level behavior dan level
result dinilai pada saat pelatihan telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dalam mengumpulkan data
yang dibutuhkan peneliti memilih menggunakan strategi rancangan penelitian survei,
dengan seluruh pegawai auditor Badan Pemeriksan Keuangan Provinsi Sumatera Utara
yang berjumlah 110 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif
statistik untuk menyajikan distribusi frekuensi dan mengukur kecenderungan pusat
dengan menggunakan Statictical Package for The Social Science (SPSS). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pegawai auditor BPK Prov Sumut menyatakan
reaksi sangat puas dalam diklat pemeriksaan LKPD berbasis akrual, artinya diklat yang
dilaksanakan sudah sesuai sasaran; (2) terdapatnya peningkatan yang signifikan dalam
nilai pre post dan pre test dalam diklat yang dilaksanakan; (3) Pegawai auditor Prov
Sumut memiliki perubahan dalam kinerja setelah melakukan diklat, artinya diklat yang
dilaksanakan mempengaruhi tingkat kinerja pegawai; (4) Kepala sub auditorat menilai
bahwa hasil dari diklat sangat baik dalam peningkatan kinerja pegawai