dc.description.abstract |
Loyalitas Pelanggan merupakan hal yang penting bagi sebuah produk. Dengan adanya loyalitas pelanggan, perusahaan akan yakin bahwa produk tersebut akan sustain di pasar. Loyalitas pelanggan sendiri berarti pelanggan akan terus melakukan pembelian ulang produk. Selain melakukan pembelian ulang yang terus menerus, loyalitas pelanggan juga artinya pelanggan tidak akan berpindah ke produk pesaing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh penerapan marketing mix yang dilakukan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk untuk produknya yaitu indomie terhadap loyalitas pelanggan produk tersebut.
Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik mengumpulkan data yang digunakan yaitu kuesioner dan studi dokumen. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendapatkan data yang sesuai dengan masalah yang hendak di teliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa marketing mix yang dilakukan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk untuk produknya yaitu indomie sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan produk indomie. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu dari segi promosinya. PT Indofood Sukses Makmur Tbk memang mempromosikan produk indomie melalui iklan. Namun perlu diingat bahwa saat ini, generasi milenial sudah sangat jarang bahkan tidak pernah lagi menonton televisi.
Saran dari peneliti adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dalam mempromosikan produk indomienya sebaiknya jangan mempromosikan lagi lewat iklan di televisi. Sebaiknya indomie dipromosikan lewat media sosial seperti youtube, Instagram, facebook, tiktok, dll. Selain itu PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga dapat mempromosikan indomie dengan cara membuat campaign tentang masalah kehutanan, sampah plastik, dan juga mungkin membantu orang yang kekurangan. Dengan cara ini juga pembeli produk indomie dapat berpartisipasi secara tidak langsung untuk membantu masalah-masalah yang ada terkait kehutanan, sampah plastik, dan mengurangi tingkat kelaparan. |
en_US |