Strategi bisnis PT. Eksonindo Multi Product Industry dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Erinna, Fransisca
dc.date.accessioned 2022-11-02T07:01:12Z
dc.date.available 2022-11-02T07:01:12Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41440
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13457
dc.description 9806 - FISIP en_US
dc.description.abstract Sejak terjadi pandemi Covid-19, aktivitas perekonomian di seluruh negara, tidak terkecuali di Indonesia menjadi terhambat. Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, hampir seluruh pelaku usaha kembali dihadapkan dengan tantangan besar, dimana perusahaan harus dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya di saat daya beli masyarakat menurun. Dengan adanya ketidakpastian bisnis yang disebabkan oleh faktor eksternal ini, terdapat sektor usaha yang mengalami kerugian, bahkan keterpurukan. PT Eksonindo Multi Product Industry merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang usaha garmen dalam hal pembuatan tas, fashion, dan aksesoris. Perusahaan ini sempat mengalami kerugian akibat terjadi penurunan permintaan (demand) terhadap tas akibat adanya himbauan dari pemerintah untuk melakukan Work From Home (WFH). Untuk keluar dari situasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, perusahaan merumuskan sebuah strategi bisnis dengan melakukan perubahan bisnis proses (business process agility). Dalam proses implementasi strategi, perusahaan perlu memperhatikan Key Success Factor (KSF) yang telah ditetapkan agar perusahaan dapat mempertahankan bisnisnya dan mengatasi persaingan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kualitatif dengan cara penelitian yang menggunakan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Terdapat 3 teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan studi literatur. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan analisis Key Success Factor (KSF) berdasarkan aspek internal dan eksternal dengan menggunakan 3 tools, yaitu Value Chain, Five Forces Framework (Porter’s Five Forces), dan PESTEL yang didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari PT Eksonindo Multi Product Industry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang diterapkan dan diimplementasikan PT Eksonindo Multi Product Industry dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan pengembangan bisnis melalui diversifikasi produk dalam pembuatan apparel/pakaian dengan merumuskan strategi SHIFT (Sustainable Manufacturing System, Human Experience, Impressive Quality and Service, Financial Soundness, Technology Improvement) yang termasuk ke dalam pendekatan Best-cost provider strategy. Selain itu, terdapat 7 indikator atau Key Success Factor (KSF) yang digunakan PT Eksonindo Multi Product Industry untuk mengukur pencapaian strategi bisnis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Bisnis, en_US
dc.subject Faktor Kunci Keberhasilan (Key Success Factor), en_US
dc.subject Best-cost provider strategy en_US
dc.title Strategi bisnis PT. Eksonindo Multi Product Industry dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320016
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account