Abstract:
Ardan Radio merupakan stasiun radio yang berada di Kota Bandung, Ardan Radio memiliki target pasar yang merupakan anak muda dan memiliki program unik yang berbeda daripada stasiun radio lainnya. Target pasar yang menjurus dan keunikan yang dimiliki Ardan Radio adalah kunci stasiun radio tersebut masih bisa bersaing dengan stasiun radio lain yang terdapat di Kota Bandung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang sedang diterapkan oleh Ardan Radio sehingga ardan radio dapat bertahan sebagai stasiun radio nomer satu di Kota Bandung sampai saat ini, dalam menjalani bisnisnya Ardan Radio akan selalu menggunakan strategi focused differentiation dalam menjalankan bisnisnya. Focused differentiation strategy dikemukakan oleh William G. Nickels yang menghasilkan empat strategi lainnya, yaitu low cost provider strategy, board differentiation, best cost provider, dan focused low cost provider.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai objek penelitian.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa strategi bersaing yang dilakukan Ardan Radio masih relevan menggunakan strategi bersaing sebelumnya yaitu focused differentiation. Saran untuk Ardan Radio adalah sebaiknya Ardan Radio menambahkan kontennya di beberapa platform online lainnya, selain itu Ardan Radio harus terus melakukan regenerasi dan memberikan motivasi kepada karyawannya agar bisa tetap mengikuti dan memenuhi keinginan Ardan Radio.