Kualitas pelayanan kesehatan pasca pembangunan Puskesmas di Ayamaru Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Berliyanti, Susana Ani
dc.contributor.author Kocu, Reynaldo Yeboh
dc.date.accessioned 2022-11-01T08:43:42Z
dc.date.available 2022-11-01T08:43:42Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41369
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13430
dc.description 9735 - FISIP en_US
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasca Pembangunan Puskesmas Ayamaru Selatan. Teori yang digunakan adalah Teori Parasuraman yang mengukur kualitas pelayanan kesehatan melalui lima dimensi yaitu, (1) Bukti Fisik, (2) Kehandalan, (3) Daya Tanggap, (4) Keyakinan, dan (5) Empati. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara antara lain dilakukan terhadap tenaga kesehatan dan masyarakat pengguna layanan kesehatan, sedangkan observasi diterapkan dengan mengamati kondisi dan fasilitas gedung serta proses pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Standar Pelayanan kesehatan di Puskesmas Ayamaru Selatan telah memenuhi standar pelayanan minimum yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan. (2) Berdasarkan Teori Parasuraman, Kualitas pelayanan di Puskesmas Ayamaru Selatan telah memberikan kepuasan kepada masyarakat dalam lima dimensi. Dari dimensi bukti fisik, masyarakat merasa bahwa gedung, fasilitas, tenaga kesehatan serta sarana dan prasarana dari puskesmas ini sudah memadai. Dari dimensi kehandalan, masyarakat berpendapat petugas kesehatan memiliki kemampuan profesional dalam memberikan pelayanan yang baik. Dilihat dari daya tanggap, tenaga kesehatan telah menunjukkan kemauan dan komitmen yang tinggi dalam memberikan pelayanan tepat waktu dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat. Puskesmas Ayamaru Selatan juga bisa memberikan jaminan atau meyakinkan masyarakat tentang pelayanan yang diberikan. Dari dimensi empati, tenaga kesehatan telah menunjukkan kepedulian yang tinggi di dalam pelayanan kesehatan dengan upaya kesehatan yang dilakukan seperti posyandu, pengobatan gratis, dan puskesmas keliling. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan Kesehatan en_US
dc.subject Puskesmas en_US
dc.subject Layanan Kesehatan en_US
dc.title Kualitas pelayanan kesehatan pasca pembangunan Puskesmas di Ayamaru Selatan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016310048
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425016401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account