dc.description.abstract |
Pada gaya hidup usaha bisnis pada masa kini café merupakan suatu tipe restoran yang menyediakan tempat duduk yang terdapat indoor dan outdoor. Pada saat ini café sangat indentik dengan tersedianya kopi (coffee). Selain café sebagai tempat fasilitas dan kopi pun sudah menjadi minuman kebutuhan pada saat ini, karena hal ini lah bisnis café&coffee pun mulai bermunculan. Salah satu toko coffee yang berdiri di Bandung adalah Kopi Lain Hati cabang SumbersariBandung. Kopi Lain Hati Sumbersari berupaya dalam terpenuhinya keinginan dan kebutuhan pelanggan untuk terfokus pada pemenuhan pelayanannya, yaitu memberikan sebuah produk fisik dan jasa yang tersedia.
Penelitian ini memfokuskan pada analisis strategi bersaing yang digunakan oleh perusahaan selama ini yang menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Wawancana dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan pemilik serta karyawan Toko Lain Hati untuk mendapatkan informasi seputaran strategi apa yang digunakan selama ini. Penulis pun menggunakan tiga teknis untuk Analisa berdasarkan Strategi Analisis Bersaing, Analisis Internal serta Analisis Eksternal yang bertujuan mengetahui strategi apa yang digunakan selama ini apakah strategi yang sudah terbaik atau masih harus diperbaiki.
Berdasarkan hasil penelitian melalui aspek internal dan aspek eksternal serta SWOT yang menunjukan bahwa Kopi Lain Hati cabang Sumbersari menggunakan strategi differentiation. Penggunaan strategi diferensiasi ini merupakan strategi yang cukup baik namun dalam menghadapi persaingan yang semakin meningkat saat ini, strategi yang direkomendasikan oleh Penulis yang lebih baik untuk digunakan ialah strategi focus, yang tepatnya ialah focus diffentiation yang mempersempit segmen namun berfokus pada satu metode pelayanan. Dengan strategi ini perusahaan Toko Lain Hati tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menarik pasarnya hanya berfokus pada penambahan metode pemasaran yang terfokus diferensiasi. |
en_US |