What are the public values created by Indonesian ICT-based public service innovations?

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmawati, Tutik
dc.contributor.author Andyani, Siti Nadya
dc.date.accessioned 2022-11-01T03:58:03Z
dc.date.available 2022-11-01T03:58:03Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41414
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13415
dc.description 9780 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini berharap dapat menjelaskan nilai-nilai publik yang diciptakan oleh inovasi pelayanan publik berbasis TIK di Indonesia pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) selama tujuh tahun terakhir (2014- 2020). Diyakini bahwa dengan memahami nilai publik yang telah diciptakan oleh pemerintah, dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana pemerintah Indonesia telah memberikan manfaat kepada publik. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk memperkaya wawasan tentang nilai publik di Indonesia. Kerangka kerja nilai publik disusun dari berbagai teori nilai publik dan peraturan Menteri Indonesia. Terdapat tujuh nilai publik yang terkandung dalam kerangka tersebut; (1) efektivitas, (2) efisiensi, (3) pemerataan, (4) keadilan sosial, (5) keadilan distributif dan alokatif, (6) nilai demokrasi, dan (7) keberlanjutan pelayanan. Untuk mendapatkan gambaran nilai-nilai publik yang diciptakan oleh inovasi pelayanan publik berbasis TIK di Indonesia, seperangkat data Sinovik 2014-2020 dan artikel resmi yang dirilis oleh pemerintah digunakan untuk mendukung tujuan eksploratif dari penelitian ini. Pendekatan kualitatif dan analisis dokumen diterapkan untuk melacak pola data dan tren inovasi layanan publik berbasis TIK di Indonesia selama tujuh tahun terakhir (2014-2020). Terdapat 693 inovasi di dalam dataset Sinovik mulai dari 2014 hingga 2020; 196 diantaranya adalah inovasi pelayanan publik berbasis TIK. Berdasarkan kompilasi data yang telah disusun berdasarkan kategori, dimensi, dan indikator sesuai kriteria nilai publik, 196 inovasi pelayanan publik berbasis TIK di Indonesia diketahui menciptakan nilai publik. Skor nilai publik yang dihasilkan oleh inovasi layanan publik berbasis TIK di Indonesia, adalah sebagai berikut: efektivitas (86%); efisiensi (99%); ekuitas (49%); keadilan sosial (99%); keadilan distributif dan alokatif (71%); demokratis (78%), dan kesinambungan pelayanan (72%). Angka-angka tersebut mencerminkan representasi atau pemenuhan indikator nilai publik inovasi layanan publik Indonesia berbasis TIK dalam dataset Sinovik. Secara umum, rata-rata skor inovasi pelayanan publik berbasis TIK pada dataset Sinovik memberikan hasil yang cukup baik untuk setiap dimensi nilai publik. Temuan ini menyimpulkan bahwa 196 inovasi pelayanan publik berbasis TIK di Indonesia memenuhi semua kriteria indikator pada dimensi nilai publik. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Nilai Publik en_US
dc.subject Inovasi Pelayanan Publik Berbasis TIK en_US
dc.title What are the public values created by Indonesian ICT-based public service innovations? en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014310082
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403037702
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account