Abstract:
Penelitian ini berharap dapat menjelaskan nilai-nilai publik yang
diciptakan oleh inovasi pelayanan publik berbasis TIK di Indonesia pada
Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) selama tujuh tahun terakhir (2014-
2020). Diyakini bahwa dengan memahami nilai publik yang telah diciptakan oleh
pemerintah, dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana pemerintah
Indonesia telah memberikan manfaat kepada publik. Selain itu, penelitian ini juga
dimaksudkan untuk memperkaya wawasan tentang nilai publik di Indonesia.
Kerangka kerja nilai publik disusun dari berbagai teori nilai publik dan
peraturan Menteri Indonesia. Terdapat tujuh nilai publik yang terkandung dalam
kerangka tersebut; (1) efektivitas, (2) efisiensi, (3) pemerataan, (4) keadilan
sosial, (5) keadilan distributif dan alokatif, (6) nilai demokrasi, dan (7)
keberlanjutan pelayanan. Untuk mendapatkan gambaran nilai-nilai publik yang
diciptakan oleh inovasi pelayanan publik berbasis TIK di Indonesia, seperangkat
data Sinovik 2014-2020 dan artikel resmi yang dirilis oleh pemerintah digunakan
untuk mendukung tujuan eksploratif dari penelitian ini. Pendekatan kualitatif dan
analisis dokumen diterapkan untuk melacak pola data dan tren inovasi layanan
publik berbasis TIK di Indonesia selama tujuh tahun terakhir (2014-2020).
Terdapat 693 inovasi di dalam dataset Sinovik mulai dari 2014 hingga
2020; 196 diantaranya adalah inovasi pelayanan publik berbasis TIK.
Berdasarkan kompilasi data yang telah disusun berdasarkan kategori, dimensi,
dan indikator sesuai kriteria nilai publik, 196 inovasi pelayanan publik berbasis
TIK di Indonesia diketahui menciptakan nilai publik. Skor nilai publik yang
dihasilkan oleh inovasi layanan publik berbasis TIK di Indonesia, adalah sebagai
berikut: efektivitas (86%); efisiensi (99%); ekuitas (49%); keadilan sosial (99%);
keadilan distributif dan alokatif (71%); demokratis (78%), dan kesinambungan
pelayanan (72%). Angka-angka tersebut mencerminkan representasi atau
pemenuhan indikator nilai publik inovasi layanan publik Indonesia berbasis TIK
dalam dataset Sinovik.
Secara umum, rata-rata skor inovasi pelayanan publik berbasis TIK pada
dataset Sinovik memberikan hasil yang cukup baik untuk setiap dimensi nilai
publik. Temuan ini menyimpulkan bahwa 196 inovasi pelayanan publik berbasis
TIK di Indonesia memenuhi semua kriteria indikator pada dimensi nilai publik.