Abstract:
Persaingan usaha coffee shop di Bandung saat ini begitu ketat yang menuntut pelaku usaha harus berpikir kreatif dalam menciptakan rasa nyaman kepada pengunjung coffee shop. Begitu juga pada Searah Cafe Bandung. Terjadinya penurunan penjualan diduga oleh kondisi store atmosphere belum mampu menciptakan rasa emosional konsumen untuk berbelanja.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis kepada 10 responden, hasil yang didapatkan adalah banyak orang yang merasa bahwa rasa kopi di Searah Café ini sangat enak akan tetapi banyak orang juga merasa bahwa store atmosphere di Searah Café kurang menarik. Selain itu, banyak orang juga merasa bahwa keadaan emosional mereka terpengaruh oleh suasana di café ini sehingga mereka merasa kurang menikmati untuk tinggal di café lebih lama. Tapi, hal ini perlu dibuktikan melalui penelitian tentang store atmosphere terhadap customer emotion.
Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh store atmosphere terhadap customer emotion di Searah Café Bandung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 200 responden, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Berdasaran hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa store atmosphere dipersepsikan konsumen pada kategori kurang setuju sedangkan customer emotions dipersepsikan konsumen pada kategori setuju. Hasil analisis korelasi menunjukan adanya hubungan yang kuat dan positif antara store atmosphere dengan customer emotion. Sedangkan hasil secara keseluruhan dari penelitian ini menunjukan bahwa store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap customer emotion di Searah Cafe Bandung.