Arsitektur dan video game : minecraft sebagai alat evaluasi Gedung PPAG Universitas Katolik Parahyangan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wijayaputri, Caecilia Srikanti
dc.contributor.author Nisar, Muhammad Aldy
dc.date.accessioned 2022-10-31T07:14:15Z
dc.date.available 2022-10-31T07:14:15Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41267
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13399
dc.description 6332 - FTA en_US
dc.description.abstract Penggunaan Video Game dalam ranah arsitektur bukanlah merupakan sesuatu yang konvensional dan juga modern. Video Game memiliki potensi yang masih belum tersentuh dalam ranah arsitektur dimana terdapat beberapa genre Video Game yang dapat digunakan dalam proses perancangan dan evaluasi arsitektur. Dengan bermunculannya Video Game yang memberikan kebebasan untuk berkreasi dan menciptakan ruang virtual, layaknya bermain LEGO, Minecraft merupakan Video Game Sandbox yang memiliki mode Game Creative dimana pemain dapat menciptakan dunia utopia virtual nya sendiri. Penggunaan Minecraft dalam Ranah Arsitektur dapat digunakan sebagai alat evaluasi dimana simulasi berdasarkan aktivitas, pergerakan, serta orientasi pengguna bentukan Arsitektur dapat direpresentasikan kedalam Ruang Virtual yang diciptakan oleh Video Game Minecraft. Pada tahun 2020, penulis telah melakukan PROJECT VG, dimana proyek tersebut melibatkan rekanrekan mahasiswa untuk menciptakan Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geisse yang digunakan untuk mahasiswa fakultas Teknik jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan untuk melakukan kegiatan edukasi. Dengan terciptanya objek studi ruang virtual ini, penulis berharap dapat mengevaluasi ruang virtual Gedung PPAG secara orientasi dan persepsi pengguna terhadap terciptanya ruang virtual, dan faktor apa saja yang dapat digunakan untuk evaluasi pada ruang fisik di dunia nyata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan eksperimen serta deskriptifkomparatif dengan memaparkan analisis objek berdasarkan teori Video Game sebagai alat bantu dalam mengevaluasi arsitektur. dan analisis yang membandingkan kondisi eksisting pada bangunan fisik dengan virtual space yang telah diciptakan menggunakan software Minecraft. Data-data yang diambil merupakan data fisik, dan data berdasarkan pengalaman pengguna serta aktivitasnya. Dengan metode yang melibatkan pengguna kedalam virtual space, akan dinilai faktor faktor esensial yang menciptakan identitas sebuah ruang, baik dari ruang fisik maupun virtual space dengan orientasi pengguna sebagai faktor utama dalam evaluasi ruang virtual ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject eksperimen en_US
dc.subject virtual space en_US
dc.subject orientasi en_US
dc.subject evaluasi en_US
dc.subject Gedung PPAG (Pusat Pembelajaran Artnz- Geisse) en_US
dc.subject deskriptif-komparatif en_US
dc.title Arsitektur dan video game : minecraft sebagai alat evaluasi Gedung PPAG Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016420055
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420018007
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account